Kamis, 14 Juni 2018 10:55 WIB

Daftar Destinasi Pilihan di Jakarta

Editor : Eggi Paksha
Masjid Istiqlal. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Libur Lebaran tiba, sementara masih ada beberapa waktu lagi bulan Ramadan. Buat kamu yang mudik, pasti siap-siap ke kampung halaman. Tapi buat kamu yang tidak mudik, pasti bingung kan? Tapi tenang, kami punya rekomendasi asyik buat ngabuburit menjelang waktu berbuka.

Kamu bisa naik kendaraan umum atau pribadi untuk tempat plesiran tersebut. Yuk disimak daftar destinasi pilihan di Jakarta.

1. Masjid Istiqlal
Masjid terbesar di Indonesia ini selalu menjadi daya tarik para warga di Jakarta untuk berbondong-bondong menjalankan ibadah serta melakukan ngabuburit di sana. Alasannya, selain bisa memilih takjil dan berbuka langsung di sana, kamu juga dapat merasakan bagaimana sensasi sholat di masjid megah yang dimiliki tanah air ini.

https://m.traveloka.com/tiket-pesawat

2. Masjid Sunda Kelapa
Selain Masjid Istiqlal, Masjid Sunda Kelapa juga merupakan menjadi salah satu masjid yang megah di Jakarta. Jadi, kamu yang bisa menjalankan ibadah sebelum berbuka puasa, karena fasilitas masjid yang lengkap. Terlebih jajanan kuliner di depan masjid yahud, meski pedagang yang datang pakai gerobak. Soal rasa makanannya, kamu ga perlu ragu, tidak pernah mengecewakan. Mulai dari nasi goreng, bakwan Malang sampai sate Padang, akan memuaskan seleramu.

3. Monumen Nasional
Kamu bisa melihat seluruh kota Jakarta dari atas dengan melihat pemandangan dari puncak Monas yang tinggi. Suasana ngabuburit-mu juga semakin seru dengan nongkrong bareng teman di taman sembari foto-foto di lansekap paling beken di Indonesia ini. Saat mendekati jam 17.00 WIB, kamu bisa berjalan sedikit ke arah pintu keluar Monas dan mendapatkan pemandangan pedagang takjil berderet panjang.

Mulai dari es campur, es blewah, aneka gorengan, sampai nasi goreng bisa kamu temukan di sana. Namun jangan lupa untuk menanyakan harganya terlebih dahulu, karena para pedagang kerap mematok harga makanan yang tak tentu.

4. Pasar Rawamangun
Pasar ini sudah menjadi andalan masyarakat Jakarta Timur mencari takjil karena letaknya staretegis dan dekat dengan terminal Ramamangun. Tempat ini sangat dilirik oleh para warga Jakarta karena harganya yang terjangkau. Dibanderol mulai dari Rp2500, kamu sudah mendapatkan takjil manis yang menggunggah seleramu. Pilihan lainnya yakni cemilan seperti aneka goreng-gorengan, es buah, es kelapa hingga makanan berat seperti ayam goreng, bihun goreng dan nasi goreng.

5. Bendungan Hilir
Jajanan takjil di Bendungan Hilir kerap jadi pilihan pelancong ngabuburit karena kelengkapan dan suasana Ramadan-nya. Karena mereka akan dijamu keramahan pedagang dan menu jajanan yang beraneka ragam baik segi rasa maupun harga. Mau makanan yang ringan atau berat? Tinggal pilih. Yang perlu kamu butuhkan dalam berburu takjil disini, hanya stamina yang kuat. Karena berjejar panjang pedagang yang menawarkan takjil di sepanjang jalan.

6. Bulungan
Bulungan sudah menjadi ‘trademark’ tempat nongkrong favorit para anak gaul yang sudah tersohor dari dulu kala. Biasanya tempat ini mulai menunjukkan denyutnya saat malam hari pada hari-hari biasa. Sedangkan pada bulan puasa, keriuhan Bulungan sudah terlihat dari sore hari. Mulai dari warga lokal tua hingga generasi milenial kerap memilih Bulungan menjadi tempat populer untuk ngabuburit. Jangan lupa untuk mencicipi gulai tikungan-nya yang lezat.

7. Lapangan Blok S
Tempat makanan sudah jadi primadona pegawai kantoran (terutama ‘creative agency’) dan anak sekolahan. Itu karena tempat makanan sudah tersusun rapi, dan kita hanya perlu memilih. Ya, sebab kawasan ini sehari-harinya memang tempat makan bagi karyawan yang di sekitar Blok S. Terdapat banyak makanan yang bisa memuaskan rasa laparmu seperti nasi goreng, mie goreng, soto betawi, sate, bakso dan lain sebagainya. Ingat jangan kalap dan menghamburkan makanan ya.

8. Gelora Bung Karno
Bila kamu ingin ngabuburit yang sehat dan anti-mainstrem, berolahraga di Gelora Bung Karno jawabannya. Kamu bisa ‘jogging’ kecil atau melakukan senam pada sore hari di sekitaran komplek stadion. Jangan khawatir soal takut kehabisan makanan, karena di sana para pedagang kerap berjualan sampai malam. Kamu bisa berolahraga dan berbuka puasa dengan nikmat.

9. Taman Situlembang
Apa tempat asyik untuk ngabuburit selain teman Menteng dan Suropati? Gampang, kamu bisa datang ke taman Situlembang. Memang lokasinya di pojok dan parkirnya agak susah. sehingga taman Situlembang pamornya kalah sama taman Menteng. Namun, ngabuburit di sini nggak kalah seru kok. Banyak pemandangan dan pepohonan rindang yang enak banget buat kita lama-lama duduk. Tempatnya juga ‘instagram-able’, asyik buat ‘hunting’ foto-foto serta duduk bersantai menikmati suasana sejuk.

10. Kawasan Kota Tua
Kawasan wisata Kota Tua memang asyik banget buat ngabuburit. Daerah ini memungkinkan kita untuk memilih begitu banyak jajanan takjil sembari foto-foto di berbagai sudut kota tua. Terlebih berbagai atraksi para warga juga bisa menghiburmu sehingga tak terasa jam berbuka puasa sudah datang. Ngabuburit di sini bakal jadi momen tak terlupakan.

11. Jalan Sabang
Ini merupakan tempat favorit para pekerja kantor nongkrong setiap harinya selepas kerja, tak terkecuali saat bulan Ramadan. Letaknya pun strategis karena diapit Sarinah Thamrin dan Kebon Sirih. Namun, tentu yang membuat orang betah lantaran menu takjil yang ditawarkan. Untuk menu takjil, baik dari kue kering dan basah, tempat ini terbilang lengkap.

12. Pasar Santa
Di sini kamu juga bisa mendapatkan makanan atau camilan ‘hits’ untuk berbuka puasa. Kemasan tempat makan yang dikemas sedemikian keren, membuat Pasar Santa jadi tempat ngabuburit anak muda ibu kota, khususnya mereka yang tinggal di Jakarta Selatan.


0 Komentar