Rabu, 06 Juni 2018 23:01 WIB

Kemenpora Tak Ragu Kirim Wasit, Pelatih dan Juri Perdalam Ilmu ke Luar Negeri

Editor : Eggi Paksha
Sebanyak 52 wasit wushu dan 60 pelatih sepak takraw mengikuti Bimbingan Teknis bertajuk ‘Peningkatan Kapasitas Pelatih dan Wasit Tingkat Provinsi’. (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan menggelar Bimbingan Teknis bertajuk ‘Peningkatan Kapasitas Pelatih dan Wasit Tingkat Provinsi’ di Kemayoran, Jakarta, Rabu (06/06/2018).

Kesempatan tersebut diikuti sebanyak 52 wasit wushu dan 60 pelatih sepak takraw. “Kami berharap para wasit, pelatih, dan juri dari cabang wushu dan sepak takraw bisa mengambil manfaat dari pertemuan ini. Pada kesempatan ini, memang hanya wushu dan sepak takraw. Namun, selanjutnya semua cabang akan memperoleh giliran,” terang Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora, Herman Chaniago.

“Presiden Jokowi mengatakan, tahun 2018 -2020 adalah Tahun Investasi SDM. Ini sejalan dengan program Kemenpora yaitu pengembangan SDM. Berkaitan dengan itu, kami ingin menciptakan sebanyak mungkin wasit, pelatih, dan juri berkualitas dengan cara memberikan bimbingan teknis seperti ini,” lanjutnya.

Ditambahkan, Kemenpora bukan hanya memberikan bimbingan terhadap wasit, pelatih, dan juri, di Tanah Air saja. Kalau memang ada kesempatan, mereka dikirim ke luar negeri untuk memperdalam ilmunya. Dia mencontohkan, untuk jenis latihan fisik, Kemenpora mengirimkan mereka ke Spanyol.

“Sementara untuk memperdalam ilmu karate, kita memberangkatkan mereka ke Prancis. Buat mereka yang ingin memperdalam ilmu judo, kita memberangkatkan ke Jepang, golf ke Skotlandia. Prinsipnya, kita ingin membuat mereka berkualitas. Dalam waktu dekat, kita akan mengirim wushu ke Penang dan Brasil.”

Melalui bimbingan teknis ini, para pelatih juga akan diajarkan mengenai nutrisi, penanganan cedera, metode latihan, dan lain-lain. Prinsipnya, selama Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora masih ada, kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas wasit, pelatih, dan juri. “Meskipun bulan puasa, kita tetap melakukan kegiatan rutin seperti ini.”

Chaniago menambahkan, kegiatan Bimtek ini adalah bagian untuk menyosialisasikan program andalan Kemenpora yakni, Pelatihan 100.000 Pelatih dan Instruktur Olahraga sesuai yang diinginkan oleh Menpora Imam Nahrawi.

Hadir pada kesempatan tersebut, di antaranya Deputi IV Kemenpora Bidang Peningkatan Prestasi, Mulyana, Kabid Peningkatan Mutu Pelatih dan Instruktur, Ahmad Arsani.(exe)


0 Komentar