Rabu, 30 Mei 2018 09:16 WIB

Pasukan Gaza Melancarkan Serangan ke Seberang Perbatasan, Israel Membalas Serangan Udara

Editor : Amri Syahputra
Asap naik setelah pesawat tempur pendudukan Israel melakukan serangan udara atas daerah pemukiman di Gaza City, Gaza, Selasa.

Gaza, Tigapilarnews.com _ Pasukan dari organisasi perlawanan Palestina melancarkan serangan terbesar mereka melawan Israel Selasa kemarin sejak perang Israel tahun 2014 di Gaza, dan pesawat Israel menyerang balik dalam gelombang pertempuran setelah berminggu-minggu protes.

Juga pada hari Selasa, penyelenggara protes perbatasan Palestina meluncurkan sebuah kapal dari Gaza dalam sebuah tantangan terhadap blokade maritim Israel terhadap daerah kantong tersebut, Reuters melaporkan.

"Saya ingin membuat masa depan untuk diri saya sendiri, saya ingin hidup," kata Ehab Abu Armana, 28, sebelum dia dan 14 pemrotes lainnya naik ke perahu.

Kapal, membawa warga Gaza yang sakit dan mereka yang tidak dapat menemukan pekerjaan, dihentikan oleh pasukan Israel beberapa kilometer di laut, Salah Abdul Atti, salah satu penyelenggara, mengatakan kepada Agence France-Presse.

"Pasukan Israel mengelilinginya dan menyadapnya," katanya, menambahkan komunikasi telah hilang dengan kapal itu.

Dia mengatakan mereka telah diberitahu tentang kapal dan penumpangnya akan dibawa ke pelabuhan Israel, Ashdod.

Panitia mengatakan mereka berusaha menyoroti dampak blokade terhadap dua juta penduduk Gaza, menurut Agence France-Presse.

Setidaknya tiga warga Israel terluka akibat pecahan rudal yang diluncurkan Selasa, kata pejabat kesehatan, setelah beberapa lusin bom mortir dan roket ditembakkan dari Jalur Gaza, yang memicu peringatan sirene di Israel selatan sepanjang hari, Reuters melaporkan.

Israel telah lama mengatakan tidak akan mentoleransi serangan-serangan seperti itu, dan pesawat tempurnya menghantam lebih dari 30 sasaran milik kelompok-kelompok bersenjata, termasuk terowongan lintas-batas yang sedang dibangun menjadi target, kata Israel, seperti dilansir Reuters.

Sayap bersenjata Hamas dan Jihad Islam mengklaim bertanggung jawab atas penembakan itu dan mengatakan itu sebagai tanggapan terhadap pembunuhan lusinan warga Palestina Israel sejak 30 Maret, terutama dalam protes perbatasan Gaza, menurut Reuters.

"Brigade Qassam dan Jerusalem (kelompok sayap bersenjata) mengumumkan tanggung jawab bersama untuk membombardir instalasi militer Israel dan permukiman dekat Gaza dengan puluhan peluru roket sepanjang hari," kata mereka dalam pernyataan bersama.

"Itu datang sebagai tanggapan terhadap agresi Zionis dan kejahatan terhadap orang-orang kami dan pejuang perlawanan kami di samping kejahatan perang yang dilakukan oleh musuh setiap hari terhadap orang-orang kami selama pawai kembali di sepanjang perbatasan Jalur Gaza.

"Pemboman untuk bombardir dan darah untuk darah."

Hamas sebagian besar telah mematuhi gencatan senjata de-facto sejak perang 2014.

Letnan Kolonel Jonathan Conricus, seorang juru bicara pasukan pendudukan Israel mengatakan serangan paling luas dari Gaza sejak perang tujuh minggu pada 2014 juga menarik "serangan pembalasan terbesar Israel" sejak itu, menurut laporan Reuters.

Pasukan pendudukan Israel mengatakan lebih dari 25 proyektil ditembak pada hari Selasa. Beberapa ditembak jatuh oleh pencegat roket Iron Dome sementara yang lainnya mendarat di lahan kosong dan lahan pertanian, Reuters melaporkan.

Satu meledak di halaman taman kanak-kanak, merusak dindingnya dan menabrak taman bermain dengan puing-puing dan pecahan peluru, sekitar satu jam sebelum dijadwalkan buka untuk hari itu, menurut Reuters.

Kekerasan pendudukan telah meningkat di sepanjang perbatasan Gaza dalam beberapa pekan terakhir di mana 116 warga Palestina tewas oleh tembakan pasukan pendudukan Israel pada demonstrasi massa yang menyerukan hak warga Palestina untuk kembali ke tanah air mereka dari mana mereka dipaksa mengungsi selama pembentukan Israel.

Seorang juru bicara Hamas membela serangan hari Selasa sebagai "respons alami terhadap kejahatan Israel". Seorang juru bicara Jihad Islam mengatakan "darah rakyat kami tidak murah".

Asap asap dan debu naik dari situs-situs yang terkena serangan udara Israel. Ledakan kuat mengguncang bangunan di dekatnya, menyebabkan kepanikan di antara kerumunan jam sibuk di jalanan dan di pasar. Departemen Pendidikan Gaza mengatakan pecahan peluru dari satu rudal terbang ke sekolah, lapor Reuters.

Di tengah kecaman internasional karena penggunaan kekuatan mematikan pada demonstrasi massa yang dimulai pada 30 Maret, Israel mengklaim banyak dari mereka yang tewas adalah militan, sementara Palestina dan pendukung mereka mengatakan sebagian besar pengunjuk rasa adalah warga sipil tak bersenjata dan Israel menggunakan kekerasan berlebihan terhadap mereka.

Lebih dari dua juta orang Palestina memenuhi jalur Gaza yang sempit. Israel menarik pasukan dan pemukimnya dari Gaza pada 2005 tetapi, karena alasan keamanan, mempertahankan kontrol ketat atas perbatasan darat dan lautnya, yang telah mengurangi ekonominya yang membuat kondisi ekonominya bangkrut.


0 Komentar