Kamis, 24 Mei 2018 21:28 WIB

Harga Daging Ayam Dijamin Telah Alami Penurunan

Editor : Eggi Paksha
Pedagang daging ayam. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, menggelar rapat pangan bareng Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita.

Usai rapat, Enggartiasto menjelaskan rapat tersebut membahas harga bahan pokok, khususnya daging ayam yang sempat mengalami lonjakan akhir-akhir ini.

Menurut Enggar saat ini harga daging ayam telah mengalami penurunan. "Tadi sudah dapat laporan harga turun, bahkan di dekat di pasar Ciputat juga turun. Turun tadi di laporan juga yang di Lampung kalau nggak salah ada di bawah patokan Rp 33.000 jadi (harga jual ke pedagang) Rp 32.000," katanya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (24/05/2018).

"Di sebagian besar sudah mengikuti dengan harga Rp 33.000. Yang baru kita keluarkan, peraturan khusus untuk Lebaran ini, kita ada Rp 1.000 (margin)," sambung menteri yang disapa Enggar itu.

Selain itu, Enggar juga meminta kepada pemasok untuk mengeluarkan semua stoknya di 400 titik. Sebab, ini dinilai dapat langsung menurunkan harga pangan.

"Tapi sekarang kita minta integrator untuk mengeluarkan semua stoknya yang semula kita batasi untuk tidak masuk pasar. Saya bilang masuk semua, keluarkan, boleh. Dan kita sudah mulai melakukan penjualan di 400 titik, dengan dari para integrator yang besar-besar itu. Nah ini langsung memberikan dampak penurunan harga," jelasnya.
 

Senada dengan Enggar, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi menjelaskan pihaknya membahas evaluasi harga bahan-bahan pokok. Hasilnya, harga bahan tersebut mengalami penurunan.

"Bahas mengenai harga. Harga beras mulai turun. Kan trennya mulai turun. Lalu harga daging ayam, telur juga mulai turun. Evaluasi harga sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi) saja tadi," imbuh Agung.(exe/ist)


0 Komentar