Kamis, 24 Mei 2018 21:15 WIB

Indonesia Tak Masuki Tahap 'Lampu Kuning'

Editor : Eggi Paksha
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Banyak kalangan termasuk ekonom memandang ada yang salah dengan ekonomi nasional dan patut diperhatikan.

Apalagi belakangan ini, ekonomi dihantam liarnya pergerakan nilai tukar dolar AS.

Jauh sebelumnya, perekonomian nasional juga didera perlambatan konsumsi masyarakat. Namun, pemerintah selalu mengatakan bahwa fundamental ekonomi Indonesia masih baik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, menegaskan bahwa kondisi perekonomian Indonesia stabil dan baik-baik saja.

Dia bilang Indonesia tidak sedang memasuki tahap 'lampu kuning' terhadap krisis ekonomi.

"Ah nggak ada (lampu kuning), sama sekali nggak ada tuh. Sama sekali nggak ada indikasi ke situ," kata Luhut di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (24/05/2018).

Bahkan, Luhut dengan tegas menantang pihak-pihak yang menyebut perekonomian Indonesia sudah memasuki tahap 'lampu kuning' tersebut untuk datang menemuinya. 

Dia mengatakan pemerintah memang harus terus berhati-hati dalam menjaga kondisi perekonomian agar tetap stabil. Namun, hal itu tak membuktikan bila kondisi perekonomian Indonesia masuk dalam tahap krisis.

"Mana ekonomnya suruh ke saya! Yang bilang ekonomnya itu siapa. (Jadi) bahwa kita hati-hati iya. Kita prudent di sana-sini, iya. Tapi nggak dibilang kita takabur juga, enggak. Tapi kalau bilang lampu kuning krisis, suruh ke saya dia," tegasnya.

Seharusnya, kata Luhut, semua pihak tak bisa hanya melihat pelemahan mata uang rupiah terhadap nilai tukar dolar AS menjadi patokan terhadap kondisi perekonomian Indonesia. Sebab, tambah Luhut, pelemahan mata uang juga terjadi di negara lain.

"(Jadi) Anda nggak boleh melihat rupiah sendiri, jadi musti lihat currency dengan yang lain. Depresiasinya bagaimana kan sama. Lihat bagaimana dengan Filipina, bagaimana dengan yang lain-lain," jelas Luhut.(exe/ist)


0 Komentar