Kamis, 24 Mei 2018 16:06 WIB

Cina Mendukung Sanitasi di Jabar

Editor : Amri Syahputra
Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian (kiri) bersalaman dengan ketua Nahdlatul Ulama (NU) Said Aqil Siradj setelah menandatangani perjanjian tentang program sanitasi di Jakarta pada 23 Mei. Kedutaan China dan NU akan membangun lima fasilitas sanitasi

JAKARTA, Tigailarnews.com _ Duta Besar Cina untuk Indonesia, Xiao Qian dan Nahdlatul Ulama (NU), ketua Said Aqil Siradj, Rabu menandatangani kesepakatan untuk membangun fasilitas sanitasi di Jawa Barat (Jabar).

Program ini bertujuan untuk membangun pusat air bersih dan mandi-cuci-toilet di lima tempat di Cirebon, Indramayu dan Karawang.

“Saya senang bergabung dengan ulama Said Aqil dan anak-anak hari ini dalam acara yang sangat cepat ini,” kata Xiao Qian saat penandatanganan, yang diikuti dengan acara buka puasa (buka makan bersama) oleh 300 anak yatim di pesantren Luhur Al Tsaqafah di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Xiao Qian mengatakan bahwa kedutaan dan NU telah membangun fasilitas sanitasi di Serang, Banten. Fasilitas termasuk dari kamar mandi, toilet dan koneksi air.

Xiao Qian mengatakan acara buka puasa adalah yang ketiga yang diselenggarakan bersama oleh kedutaan dan NU.

“Ketika saya masih kecil, rumah orang tua saya berdiri di samping sebuah masjid, maka saya cukup akrab dengan Ramadhan dan Idul Fitri. Bertemu dengan Anda semua di sini membawa saya kembali ke masa kecil saya, ”tambahnya.

Xiao Qian kemudian membagikan hadiah kepada anak-anak.

Said, sementara itu, mengatakan NU melihat ke depan untuk lebih banyak kemitraan dengan Kedutaan Besar China di sektor lain, terutama pendidikan.

“Tahun ini, setidaknya 13 dosen dari Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) telah menerima beasiswa dari Kedutaan Besar Tiongkok dan sedang mempersiapkan untuk belajar di Cina,” jelas Said.


0 Komentar