Kamis, 24 Mei 2018 11:09 WIB

Kemenhub Beri Izin Citilink Buka Penerbangan di Kertajati

Editor : Rajaman
Pesawat Citilink (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah memberikan izin untuk maskapai berbiaya hemat Citilink Indonesia untuk membuka penerbangan reguler di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Penerbangan perdana di bandara tersebut akan dilakukan hari ini, Kamis (24/5/2018).

Kepala Bagian Humas Ditjen Perhubungan Udara Sigit Widodo mengatakan Kemenhub sudah memberikan penawaran ke semua maskapai untuk membuka penerbangan reguler di bandara tersebut. "Semua airline ditawarkan untuk melayani penerbangan domestik dan internasional ke dan dari Bandara Kertajati di Majalengka," kata Sigit, Kamis (24/5/2018).

Dari penawaran tersebut, kata dia, Citilink sudah mengajukan surat untuk melayani penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati. Sigit memastikan, Kemenhub sudah memberikan izin prinsip kepada Citilink dengan rute layanan Surabaya-Kertajati (PP).

Hanya saja menurut Sigit belum banyak maskapai yang mendapatkan izin tersebut. "Baru Citilink yang sudah pasti dapat izin prinsip. Yang lain baru menyusul pada tahap mengajukan," ujar Sigit.

Sementara itu, untuk badan usaha nasional dan perusahaan asing, ungkap Sigit, belum ada yang mengajukan usulan untuk melayani secara terjadwal ke dan dari Bandara Kertajati.

Ini Rute Penerbanganya

Terpisah, Vice President Corporate Secretary and CSR Citilink Indonesia Ranty Astari Rachman mengatakan Citilink telah membuka penerbangan di bandara tersebut dengan rute Kertajati- Surabaya setelah mendapatkan rekomendasi dari Kemenhub.

Dia mengatakan penerbangan Citilink denga rute tersebut akan mulai terbang pada 8 Juni 2018. "(Penerbangan) dengan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas180 penumpang," kata Ranty di Cengkareng, Kamis (24/5/2018).

Penerbangan Surabaya-Kertajati Citilink Indonesia dengan nomor penerbangan QG 9820 dijadwalkan dari BandaraJuanda, Surabaya pukul 05.25 WIB dan tiba di Bandara Kertajati pukul 06.55 WIB setiap hari. Sedangkan, untuk penerbangan QG 9821 Kertajati-Surabaya dijadwalkan berangkat pada pukul 07.25 WIB dan tiba di Surabaya pada pukul 08.55 WIB.

Hanya saja, Ranty menegaskan rute penerbangan tersebut saat ini sifatnya merupakan extraflight selama mudik Lebaran 2018. "Manajemen akan terus melihat prospek ke depannyapenambahan jadwal penerbangan, frekuensi, bahkan rute-rute baru dari Bandara Kertajati," ungkap Ranty.

Menurtnya, Citilink membuka rute di bandara baru tersebut untuk memberikan pilihan destinasi. Begitu juga untuk memudahkan akses transportasi udara bagi penumpang yang tinggal di Jawa Barat bagian timur dan Jawa Tengah bagian Barat selama musim mudik Lebaran 2018.

Bandara Kertajati disiapkan beroperasi hari ini, Kamis (24/5/2018), untuk melayani penerbangan calon jamaah haji tahun ini. Hanya saja, untuk rute pemberangkatan haji di bandara tersebut harus transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, baru menurju Arab Saudi.

Selain untuk penerbangan haji, Kemenhub mengupayakan bandara tersebut juga sudah bisa melayani penerbangan reguler. Terutama penerbangan untuk melayani musim mudik Lebaran tahun ini.


0 Komentar