Rabu, 23 Mei 2018 13:12 WIB

Erupsi Freatik di Merapi adalah Tanda-tanda akan Adanya Aktivitas Lanjutan

Editor : Eggi Paksha
Letusan freatik di Merapi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kepala Seksi Merapi BPPTKG, Agus Budi Santoso, menjelaskan erupsi freatik di Merapi adalah tanda-tanda akan adanya aktivitas lanjutan.

Namun pihaknya tidak bisa memastikan kapan aktivitas lanjutan itu terjadi. "Aktivitas Merapi ini (erupsi freatik) sebenarnya justru menjadi tanda-tanda ya. Bukan sebagai pengaruh (pemicu) tapi sebagai tanda-tanda aktivitas yang akan datang. Kita ikuti saja, karena ini kan baru berapa hari," kata Agus kepada wartawan, Rabu (23/5/2018).

"Tapi untuk membuktikan itu kita perlu analisa material. Sampai sekarang memang belum ada hasil yang meyakinkan dari material abu yang ditimbulkan atau produk dari letusan freatik kemarin, itu (penelitian) sampai sekarang belum ada hasilnya," paparnya.

Agus menjelaskan, berdasarkan pengalaman erupsi magmatik pada tahun 2010 lalu terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Merapi akan meletus. Seperti puncak Merapi yang terlihat runcing yang menandakan terjadi sumbatan yang kuat di puncak.

"La kalau sekarang itu sumbatnya sepertinya jauh lebih tipis dari pada yang sebelumnya. Sehingga indikasi-indikasi yang dulu muncul sebelum erupsi 2006, 2010, itu bisa jadi berbeda dengan yang akan terjadi ke depannya," ungkapnya.

Karena erupsi di Merapi belakangan ini adalah freatik, Agus berharap masyarakat terutama yang tinggal di lereng Merapi tidak panik. Menurutnya, untuk saat ini dengan status waspada masyarakat tidak perlu mengungsi.

"Karena letusan freatik ini kita tegaskan berkali-kali tidak membahayakan jiwa penduduk di luar radius tiga kilometer," tutupnya.(exe/ist)


0 Komentar