Rabu, 23 Mei 2018 13:07 WIB

BI Buka 1000 Titik Layanan Penukaran Uang Baru Hingga ke Arah Jalur Mudik

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi penukaran uang jelang Lebaran. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dalam menghadapi Ramadan dan Idul Fitri Bank Indonesia (BI) membuka 1.000 titik layanan penukaran uang di seluruh Indonesia.

Layanan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menukarkan uang baru pecahan kecil.

Deputi Gubernur BI, Rosmaya K. Hadi, mengatakan khusus di wilayah Jabodetabek saja BI membuka layanan penukaran uang di 160 titik. Salah satunya yang berada di kawasan Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat.

"Jumlah penukaran uang ada di 160 titik di kantor bank Jabodetabek. Kalau untuk secara nasional seluruhnya ada 1.000 titik," kata Rosmaya dalam konferensi persnya di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (23/05/2018).

"(Penukaran uang ini) Dan ini kompak se-Indonesia. Tidak hanya di Jakarta tapi diseluruh kantor perwakilan BI. 46 kantor BI yang juga serentak menukarkan uang," lanjut Rosmaya.

Rosmaya menjelaskan pada saat H-3 Lebaran nanti layanan penukaran uang tersebut juga akan bergerak menuju titik-titik jalur mudik. Seperti di rest area jalan tol.

"Jadi 1.000 titik itu kita siapkan di kantor-kantor bank, kemudian setelah H-3 Lebaran, kita bergerak ke arah jalur mudik. Di rest area, kemudian kita bergerak ke kantor-kantor bank daerah. Jadi Kami juga bergerak," katanya.

Dalam melayani penukaran uang jelang Lebaran tersebut, tambah Rosmayani, Bi juga bakal mengajak serta pihak perbankan yang ada untuk terus membuka penukaran uang bagi masyarakat.

"Jadi kita gandeng pihak bank untuk pecahan kecil. Layanan penukaran itu kami buka sampai hari H Lebaran saja. Setelah itu masyarakat bisa ambil di ATM," tuturnya.(exe/ist)


0 Komentar