Sabtu, 19 Mei 2018 11:28 WIB

Kebun binatang Bandung dan surakarta Menukar Rusa Cegah Perkawinan Sedarah

Editor : Amri Syahputra
Kebun binatang Bandung

Bandung, Tigapilarnews.com _ Kebun Binatang Bandung di Jawa Barat dan Kebun Binatang Surakarta di Jawa Tengah ditetapkan untuk menukar rusa jantan Jawa untuk tujuan pemuliaan.

Dari 15 rusa di Kebun Binatang Bandung, tiga laki-laki akan dikirim ke Kebun Binatang Surakarta untuk ditukar dengan satu laki-laki dan dua perempuan.

“Studi sebelumnya tentang koleksi rusa di Bogor Palace menunjukkan bahwa untuk mencegah kawin sedarah, (istana) akan membutuhkan 400 rusa lagi. Kebun Binatang Bandung tidak memiliki cukup rusa untuk mencegah perkawinan sedarah, itu sebabnya kami bertukar kijang, ”kata kurator kebun binatang Bandung, Panji Ahmad Fauzan di Bandung, Jumat.

Inbreeding meningkatkan kemungkinan keturunan dipengaruhi oleh sifat-sifat resesif yang merusak atau tidak diinginkan.

“Kami bertukar kijang untuk mencegah (anak-anak mereka) terpengaruh oleh sifat-sifat berbahaya. Setiap badan konservasi perlu melakukan ini, ”katanya.

Petugas komunikasi pemasaran Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafi’i mengatakan perjanjian pertukaran ditandatangani pada bulan November 2017. Namun, rencana tersebut baru terwujud pada bulan Mei.

“Kami menunggu persetujuan dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Alam dan Ekosistem karena rusa adalah hewan yang dilindungi,” kata Sulhan.

Kebun Binatang Bandung juga setuju memberi Kebun Binatang Surakarta seekor beruang betina berumur 9 tahun sebagai hadiah.

Hewan-hewan akan diangkut pada malam hari untuk mencegah mereka menderita dehidrasi.


0 Komentar