Kamis, 17 Mei 2018 14:44 WIB

Anak Pelaku Serangan Bom Bunuh Diri Berjuang dengan Trauma yang Parah

Editor : Amri Syahputra
Petugas berjaga di depan markas Polres Surabaya pada tanggal 14 Mei. Di depan mereka adalah reruntuhan sepeda motor yang digunakan dalam pemboman bunuh diri pada hari Senin.

Surabya, Tigapilarnews.com _ Pemboman bunuh diri di Surabaya dan Sidoarjo, keduanya di Jawa Timur, telah membuat anak-anak pelaku mengalami trauma berat setelah mereka digunakan sebagai bagian dari rencana teror orang tua mereka.

AAP yang berusia tujuh tahun sekarang menjalani perawatan oleh Polda Jawa Timur karena trauma berat dan cedera fisik yang dideritanya ketika orang tuanya membawa dia dan dua saudara kandungnya ke markas Polisi Surabaya pada hari Senin dan meledakkan bom yang telah diikat ke tubuh mereka. .

Orangtua dan saudara-saudaranya tewas dalam ledakan itu.

Juru bicara Polda Jawa Timur Kombes. Pol. Frans Barung Mangera mengatakan pada hari Rabu bahwa cedera AAP membaik, tetapi kondisi mentalnya kemungkinan akan membutuhkan waktu untuk memulihkan diri.

AAP dilaporkan mampu berbicara, tetapi menanggapi pertanyaan dengan singkat "ya" atau "tidak". Saat ditekan untuk jawaban yang lebih panjang, dia terdiam.

Dia menerima pada hari Rabu beberapa pengunjung yang menawarkan dukungannya, termasuk Seto Mulyadi, ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI).

Kakek dan paman AAP juga datang mengunjunginya pada hari Rabu. AAP dapat memilih untuk tinggal bersama mereka, tetapi Kapolda Jawa Timur Irjen. Pol. Drs. Machfud Arifin mengatakan dia sendiri akan secara hati-hati menentukan di mana dan dengan siapa anak itu akan hidup untuk memastikan dia tidak akan terkena ideologi radikal.

"Ini akan menjadi otoritas saya sendiri untuk menyetujui siapa yang dapat mengadopsi AAP," kata Machfud.

Selama kunjungan hari Rabu, paman dan kakeknya menolak untuk mengakui orang tua AAP sebagai kerabat mereka, kata Frans.

Sejauh ini, belum ada yang melangkah maju untuk mengklaim tubuh para pengebom. Jika mereka tetap tidak diklaim, polisi mengatakan mereka akan mengubur mereka sesuai dengan keyakinan agama mereka.

Dalam video yang diambil beberapa saat setelah ledakan di markas Polisi Surabaya, sosok kecil AAP terlihat naik dari reruntuhan sepeda motor yang digunakan keluarganya. Saat dia bergoyang dengan goyah di kakinya, seorang petugas polisi bergegas ke depan untuk meraupnya dan membawanya pergi dari reruntuhan yang masih membara.

Menurut polisi, AAP telah tinggal di rumah kakek-neneknya ketika ibunya menjemputnya pada Rabu pagi, lalu mengantarnya ke markas polisi.

AAP dilaporkan selamat dari ledakan karena dia tidak memiliki bahan peledak yang diikat ke tubuhnya.

Dia bukan satu-satunya anak yang selamat dan telah digunakan sebagai bagian dari serangan teror.

FPH, 11, HU, 11, dan AR, 15 yatim piatu setelah ayah mereka Anton Febriyanto dan ibu Puspitasari tewas dalam ledakan di sebuah apartemen murah di Wonocolo, Sidoarjo, pada Minggu malam. Bom itu, yang digunakan untuk serangan lain di Surabaya, secara tidak sengaja meledak ketika dirakit oleh Anton. Salah satu saudara mereka juga tewas dalam insiden itu.

FPH dan HU juga sedang dirawat oleh Polda Jawa Timur. AR tidak ada di TKP pada saat kejadian.

Polisi mengatakan bahwa AR belum terkena ajaran radikal karena dia tinggal bersama kakek-neneknya.

Selama kunjungannya, Seto mengatakan bahwa anak-anak yang dirawat membaik dan kemungkinan akan diizinkan untuk kembali ke keluarga mereka segera.

Dia menambahkan bahwa LPAI akan memantau anak yatim, termasuk dengan memberi mereka bantuan yang mereka butuhkan.

Anak-anak ini, katanya, bukan teroris, tetapi korban dari radikalisme orang tua mereka.


0 Komentar