Kamis, 17 Mei 2018 14:15 WIB

Kemenpora Gelar Kejuaraan Angkat Besi Internasional di Bali

Editor : Eggi Paksha
Washinton Sigalingging (tengah) saat diterima Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika (kanan). (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Minimnya pertandingan di tingkat nasional maupun internasional bagi lifter remaja mendorong Kemenpora melalui Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga akan menggelar kejuaraan angkat besi “Satria Remaja Weightlifting Championship 2018” di Denpasar, Bali.
 
Pernyataan tersebut dilontarkan Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga, Washinton Sigalingging saat diterima Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Selasa (15/05/2018).
 
Terjadinya kompetisi angkat besi yang sudah sangat tinggi pada tingkat remaja di bawah usia 17 tahun, namun masih kurangnya pertandingan menjadi alasan digelarnya kejuaraan angkat besi bertaraf internasional ini.
 
“Sekarang ini pencapaian prestasi lifter remaja sudah sangat baik, misalnya di Youth Olympic Games dan Asian Youth Games. Namun masih kurang pertandingan ditingkat nasional maupun internasional bagi para lifter remaja," kata Washinton.
 
Kejuaraan Terbuka Angkat Besi Satria Remaja yang digelar dari tanggal 29 Juli sampai dengan 6 Agustus 2018 sebagai lanjutan program kerja sama Kemenpora dengan Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PB. PABBSI) yang sudah berlangsung dari tahun 2016.
 
“Di tahun ini, Kemenpora melalui Asdep Pembibitan dan IPTEK Olahraga dan PB PABBSI akan meningkatkan status kejuaraan angkat besi menjadi bertaraf internasional," tambahnya.
 
“Diharapkan kejuaraan ini mampu menghasilkan lifter dengan pengalaman bertanding yang lebih baik untuk dapat mewakili Indonesia pada event-event remaja seperti kejuaraan Asia/Dunia angkat besi remaja dan yunior, Asian Youth Games dan Youth Olympic Games," harapnya.
 
Negara yang akan hadir dalam Satria Remaja Weightlifting Championship 2018 adalah, Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina, Myanmar, Brunai Darussalam, Mauritius, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Korea Selatan dan Jepang.
 
Sementara itu, Gubernur Bali, Imade Mangku Pastika menyambut baik digelarnya kejuaraan angkat besi satria remaja yang bertaraf Intrernasional. 
 
“Saya berharap dapat terlaksana dengan baik dan sukses serta memberikan dampak yang positif terhadap provinsi Bali dibidang pariwisata dan olahraga," kata Mangku Pastika.
 
Provinsi Bali memiliki prasarana dan sarana olahraga yang telah memenuhi standard dan sudah terbiasa menjadi tuan rumah event olahraga internasional, selain itu tersedianya fasilitas hotel berbintang yang berstandar internasional yang menambah kenyamanan peserta.
 
Hadir dalam audiensi, Kabid Kompetisi Usia Muda Kemenpora, Bambang Siswanto, Kasubid Kompetisi Internasional pada Bidang Kompetisi Usia Muda, Wiratama Hulu, Kadispora Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawijaya.(exe/ist)

0 Komentar