Kamis, 17 Mei 2018 09:37 WIB

Swedia : AS 'Sangat Bertanggung Jawab' Untuk Pembantaian Gaza

Editor : Amri Syahputra
Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom.

Stockholm, Tigapilarnews.com _ Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom pada hari Rabu meminta AS bertanggung jawab atas kekerasan oleh pasukan Israel di Jalur Gaza yang menyebabkan puluhan warga Palestina menjadi martir dan ribuan lainnya terluka.

"AS memiliki tanggung jawab besar dalam insiden di mana setidaknya 50-60 warga Palestina tewas dan banyak lainnya terluka," kata Wallstrom kepada kantor berita negara bagian TT.

Menggambarkan korban dan cedera yang tercatat di Gaza saat protes yang sedang berlangsung sangat mengerikan, Wallstrom menambahkan: "Semua orang memperingatkan AS. Saya tidak berpikir bahwa ada alasan untuk mengatur perayaan ketika ada begitu banyak kematian dan cedera."

Perlu diketahui bahwa tidak ada korban yang dilaporkan di sisi Israel, Wallstrom mengatakan: "Kami harus mempertanyakan ini."

Dia menambahkan bahwa situasi harus didiskusikan di Uni Eropa untuk solusi diplomatik untuk masalah ini.

Pada hari Senin, setidaknya 62 demonstran Palestina menjadi martir dan ratusan lainnya terluka oleh pasukan Israel yang dikerahkan di sepanjang sisi lain perbatasan.

Demonstrasi hari Senin bertepatan dengan ulang tahun ke-70 Israel - sebuah acara yang oleh orang Palestina disebut sebagai "The Catastrophe" - dan relokasi kedutaan Israel di Washington ke Yerusalem, yang juga berlangsung Senin.

Sejak demonstrasi Gaza dimulai pada 30 Maret, lebih dari 100 demonstran Palestina telah menjadi martir oleh tembakan tentara Israel lintas-perbatasan.

Pekan lalu, pemerintah Israel mengatakan protes perbatasan yang sedang berlangsung merupakan "keadaan perang" di mana hukum humaniter internasional tidak berlaku.


0 Komentar