Rabu, 16 Mei 2018 13:09 WIB

Jokowi Meresmikan Ekspor Pertama dengan Kapal Raksasa ke AS

Editor : Amri Syahputra
Presiden Joko “Jokowi” Widodo, didampingi sejumlah menteri, berbicara saat peluncuran ekspor pertama dengan kapal raksasa di Jakarta International Containers Terminal (JICT) di pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara pada 15 Mei 2018

JAKARTA, Tigailarnews.com _ Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan keberangkatan dari kapal kontainer CMA CGM Tage pertama ekspor dari Jakarta International Containers Terminal (JICT) di Tanjung Priok di Jakarta Utara Selasa, 15/5/2018.

Kapal CMA CGM Tage, yang memiliki kapasitas 10.000 unit ekuivalen dua puluh kaki (TEU), akan melayani panggilan langsung dari Jakarta ke Los Angeles, Amerika Serikat.

“Kami memuat kapal dengan 4.300 TEU kontainer. Ini adalah angka yang besar. Dengan panggilan langsung, pengangkutan barang lebih efisien, ”ucap Jokowi.

Kapal ini memiliki gross Tonnage (TG) dari 95.263 dan panjangnya 347 meter. Ini adalah salah satu dari beberapa kapal besar yang secara teratur berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok.

Peluncuran ini juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Sumarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Presiden Direktur Perusahaan Pelabuhan Indonesia (IPC) Elvyn G Masassya dan Chief Executive Officer CMA CGM Farid Belbouab.

Jokowi mengatakan dengan menggunakan kapal, produk Indonesia akan lebih kompetitif di pasar internasional karena biaya transportasi dapat dikurangi $ 300 per kontainer.

Sementara itu, Elvyn mengatakan pemberhentian reguler kapal-kapal besar di Tanjung Priok mengindikasikan bahwa Indonesia berada di jalur yang benar untuk menjadi poros maritim dunia.

"Ini juga menunjukkan bahwa IPC telah mampu mengelola pelabuhan dengan kegiatan bongkar muat dan bongkar muat paling sibuk di dunia, dan itu dilengkapi dengan sistem TI yang canggih," tambahnya.  


0 Komentar