Jumat, 11 Mei 2018 11:21 WIB

Konsumsi BBM Melonjak 20 Persen Selama Ramadhan dan Idul Fitri

Editor : Amri Syahputra
Pengisian BBM di SPBU Pertamina

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memperkirakan bahwa konsumsi bahan bakar akan meningkat 20 persen selama bulan puasa Ramadhan dan liburan Idul Fitri.

Anggota komisi BPH Migas M. Ibnu Fajar mengatakan, agensi bersama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan perusahaan minyak dan gas milik negara Pertamina akan menambah stok bahan bakar untuk memenuhi permintaan yang meningkat.

Badan itu telah mengidentifikasi stasiun pengisian bahan bakar di mana permintaan akan meningkat secara signifikan karena kemacetan lalulintas selama eksodus Idul Fitri, Ibnu mengatakan pada hari Kamis saat wawancara.

Sementara itu, direktur bahan bakar BPH Migas Setyorini Tri Hutami mengatakan bahwa 20 persen perkiraan peningkatan konsumsi bahan bakar didasarkan pada konsumsi selama Ramadhan dan Idul Fitri di tahun 2017.

Dari Januari hingga April, konsumsi bensin premium bersubsidi mencapai 2,4 juta kiloliter, yang berarti bahwa konsumsi bulanan mencapai 600.000 kiloliter dan karenanya selama Ramadhan dan Idul Fitri konsumsi diproyeksikan mencapai 720.000 kiloliter.

Dia mengatakan BPH Migas dan Pertamina menjamin bahwa stok bahan bakar dapat memenuhi permintaan yang meningkat karena stok Premium saat ini dapat menutupi permintaan selama 16 hari, Pertamax untuk 25 hari, Pertamax Turbo selama 33 hari, solar Solar bersubsidi selama 26 hari, avtur untuk 23 hari dan minyak tanah selama 68 hari.

Setyorini mengatakan, agensi telah mengadakan sejumlah pertemuan dan telah membentuk tim dan pejabat yang ditunjuk yang akan didistribusikan ke pos pemantauan.


0 Komentar