Kamis, 10 Mei 2018 14:24 WIB

Villa 2000 Juara U-16, Big Stars Nusantara Panen Pujian

Editor : Eggi Paksha
Turnamen Sepak Bola U-16 Big Stars Piala Menpora 2018. (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Turnamen Sepak Bola U-16 Big Stars Piala Menpora 2018 sukses digelar.

Villa 2000 tampil sebagai juara, Rabu (09/05/2018) di Stadion Sunter Jakarta Utara. Dari tujuh kali main, Villa 2000 mengemas total nilai 19 berkat enam kemenangan dan satu kali draw. Dalam laga terakhir, Villa 2000 dipaksa imbang 2-2 atas Patriot 165.

Sebagai juara, Villa 2000 memperoleh hadiah uang pembinaan senilai Rp10 juta. Posisi kedua ditempati Urakan dengan nilai 16 kemudian diikuti Patriot di posisi ketiga dengan nilai 14.

Urakan yang menjadi runner-up berhak atas hadiah uang pembinaan sebesar Rp5 juta sedangkan Patriot sebagai peringkat ketiga memperoleh hadiah uang pembinaan Rp3 juta. Patriot juga mendapat gelar tambahan sebagai tim terbaik dan mengantongi hadiah uang pembinaan Rp1 juta.

Ketua Panpel, Markus Warouw, dalam sambutannya sebelum penutupan mengatakan turnamen ini menyajikan persaingan ketat. Sejak laga pertama hingga akhir persaingan sangat ketat dan memanas.

Namun dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, menurut Markus, tidak ada kegaduhan. ”Kami bersyukur dalam turnamen ini, para pemain menjunjung tinggi nilai-nilai olahraga yakni fair play. Mereka sangat patuh pada keputusan wasit,” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Big Stars Nusantara, Maria Lawalata mengatakan turnamen ini intinya untuk membantu pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan sepak bola usia muda.

”Yayasan Big Stars Nusantara sangat peduli pada pembinaan olahraga usia muda khususnya sepak bola. Namun kami sebagai pendatang baru tentu masih membutuhkan bimbingan baik dari Kemenpora maupun Asprov PSSI DKI,” kata Maria.

Ketua Asprov PSSI DKI, Uden Kusuma Wijaya, menambahkan bahwa dirinya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Big Stars Nusantara.

Menurut Uden, siapa pun bisa menyelenggarakan turnamen seperti ini karena sangat membantu pembinaan sepak bola. Asprov PSSI DKI membuka pintu selebar-lebarnya kepada siapa saja untuk mengembangkan dan membina sepak bola usia dini.

”Saya sampaikan terima kasih kepada Big Stars yang telah mengambil peran aktif dalam pembinaan sepak bola usia dini melalui turnamen kelompok umur. Ini sangat strategis karena kita punya tanggungjawab moral membina anak-anak usia muda. Dari sinilah cikal bakal lahirnya calon pemain timnas,” papar Uden.

Asisten Deputi Olahraga Rekreasi Kemenpora, Teguh Rahardjo, juga menyambut baik penyelenggaraan turnamen yang digagas Big Stars Nusantara.

Teguh juga merasa salut atas dedikasi Maria Lawalata yang seorang mantan atlet marathon justru mau peduli terhadap pembinaan sepak bola usia dini.

”Jujur saja, apa yang dilakukan Ibu Maria ini adalah salah satu mata rantai pembinaan sepak bola Indonesia ke depan. Program ini juga sesuai dengan arahan Presiden Jokowi bahwa proses percepatan pembangunan sepak bola nasional, harus dimulai dari pembinaan usia dini,” pungkasnya.(exe/ist)


0 Komentar