Selasa, 08 Mei 2018 14:31 WIB

PM Cina Ungkapkan Indonesia Diharapkan Tingkatkan Impor Jeruk Mandarin

Editor : Amri Syahputra
Hubungan lebih dekat, Presiden Joko "Jokowi" Widodo (kiri) mengawal Perdana Menteri Cina Li Keqiang (kanan) pada pemeriksaan penjaga di Istana Bogor di Bogor, Jawa Barat, pada 7 Mei.

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Perdana Menteri Cina Li Keqiang telah meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) meningkatkan kuota impor jeruk mandarin dari Cina, dengan mengatakan bahwa jeruk tersebut berkualitas baik.

Dalam pernyataan pers bersama di Istana Bogor pada hari Senin, Li mengatakan bahwa selama pertemuan bilateral antara kedua pemimpin, ia telah menyampaikan kekhawatiran Cina tentang pembatasan impor jeruk mandarin yang dikenakan oleh pihak berwenang Indonesia.

"Saya berharap Indonesia dapat meningkatkan impor jeruk mandarin kami," kata Li dalam pernyataannya.

"Kami menjamin bahwa kualitas standar jeruk sesuai dengan standar kualitas Indonesia."

Peraturan menteri tentang impor produk hortikultura yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan pada tahun 2017 telah membatasi impor lusinan produk, termasuk jeruk mandarin, kentang, bawang putih, wortel dan anggur.

Peraturan tersebut menetapkan bahwa hanya importir dengan nomor identifikasi importir (API) dan perusahaan milik negara di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara yang diizinkan untuk mengimpor produk yang terdaftar.

Berdasarkan laporan, kementerian tidak mengeluarkan izin untuk mengimpor jeruk mandarin dari Cina antara Januari dan Maret tahun ini, mengakibatkan kelangkaan komoditas di berbagai daerah di luar Jawa selama Tahun Baru Imlek pada bulan Februari.

Selama kunjungan perdana menteri Cina ke Istana Bogor, yang termasuk tête-à-tête antara kedua pemimpin dan jamuan makan siang, Jokowi dan Li membahas cara-cara untuk meningkatkan kemitraan perdagangan antara kedua negara.

Jokowi juga meminta agar Li meningkatkan impor komoditas dari Indonesia, termasuk sarang cepat, kopi dan coklat, serta buah-buahan tropis seperti manggis dan buah naga.


0 Komentar