Sabtu, 05 Mei 2018 13:47 WIB

Wirausahawan Muda Dapat Dukungan Hingga Biaya dari Kemenpora

Editor : Yusuf Ibrahim
Asrorun Ni'am Sholeh (kedua dari kiri). (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI terus mendorong para pemuda agar dapat sukses melalui pelatihan penumbuhan kewirausahaan di kalangan pemuda.
 
Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Asrorun Ni'am Sholeh, mengatakan dalam tiga hari pembukaan pendaftaran pelatihan tersebut, sudah hampir 500 pemuda yang mendaftar. Dalam prosesnya, para wirausahawan muda akan mendapatkan dukungan hingga biaya dari Kemenpora.
 
"Pelatihan yang dilakukan ini bertujuan untuk mengaktualkan potensi para pemuda yang kami sebut kuliah kewirausahaan muda," ujarnya di Jakarta, Sabtu (05/05/2018).
 
Pastinya, pada proses pelaksanaannya pasti akan ada coaching dan pendampingan dari penyelenggara. Karena ini melalui mekanisme seleksi dari tahap awal diambil sebanyak 100 pemuda, kemudian jumlahnya akan turun hingga separuhnya (50 pemuda).
 
"Itu nanti sampai terpilih wirausahawan muda yang dikembangkan lebih lanjut dan 'dikawinkan' dengan pengusaha yang sudah mapan. Ini (alumni yang potensial) yang nantinya akan difasilitasi dengan pemberian biaya. Itu akan ketahuan," jelasnya didamping di antaranya Asdep Kewirausahaan Pemuda Imam Gunawan, Asdep Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Wisler Manalu.
 
Intinya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dan ikhtiar dari Kemenpora untuk mendukung meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya pemuda.
 
Wirausaha dan ekonomi kreatif merupakan tulang punggung ekonomi negara, hal ini terbukti ketika terjadi krisis ekonomi sektor wirausaha dan ekonomi kreatiflah yang mampu survive. Terlebih, hal tersebut juga menjadi harapan Presiden Jokowi bahwa pembangunan harus dimulai dari desa, tentunya tak terkecuali pembangunan kewirausahaan dan ekonomi kreatif.
 
Kegiatan ini juga sebagai perwujudan dari nawacita bahwa negara hadir ditengah masyarakat. Selain itu, bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa dan minat berwirausaha di kalangan generasi muda dan meningkatkan jumlah pemuda terdidik untuk mengikuti kegiatan kewirausahaan.(exe/ist)

0 Komentar