Kamis, 03 Mei 2018 15:01 WIB

OKI Kunjungi Bangladesh Tinjau Kamp Pengungsi Rohingya di Cox`s Bazar

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Kelompok Kerja Organisasi Kerja sama Islam (OKI) untuk Urusan Minoritas Muslim Rohingya di Myanmar akan mengunjungi dan meninjau kamp para pengungsi Rohingya di Cox`s Bazar di Bangladesh.

"Negara anggota OKI akan membahas isu Rohingya dalam Konferensi Tingkat Menteri OKI ke-45, dan Kelompok Kerja OKI akan melakukan kunjungan ke Cox`s Bazar pada 4 Mei," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis.

Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir akan menghadiri Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Kerja sama Islam (KTM OKI) ke-45 di Dhaka, Bangladesh pada 5-6 Mei 2018.

Konferensi Tingkat Menteri OKI tahun ini akan mengangkat tema "Nilai-nilai Islami untuk Solidaritas, Perdamaian dan Kemakmuran yang Berkelanjutan" (Islamic Values for Sustainable Peace, Solidarity, and Prosperity).

Arrmanatha menyebutkan bahwa isu tentang pengungsi Rohingya dari negara bagian Rakhine, Myanmar akan menjadi salah satu topik utama yang dibahas dalam pertemuan para menteri OKI tersebut.

"Akan ada pertemuan bertema tantangan kemanusiaan yang dihadapi negara anggota OKI, termasuk tentang impact dari pengungsi Rohingya," ujar dia.

"Hal itu terkait yang dihadapi Bangladesh, yakni banyaknya pengungsi yang masuk ke negara itu dari Rakhine," lanjut Arrmanatha. 
Untuk itu, kata dia, kunjungan Kelompok Kerja OKI ke tempat penampungan pengungsi Rohingya di Cox`s Bazar bertujuan untuk melihat secara langsung berbagai tantangan yang dihadapi Bangladesh terkait isu pengungsi.


0 Komentar