Kamis, 03 Mei 2018 10:31 WIB

Trump Akan Mengunjungi Yerusalem Untuk Membuka Kedutaan Baru

Editor : Amri Syahputra
PM Israel Benjamin Netanyahu (kiri) dan Presiden AS Donald Trump (kanan)

Washington, Tigapilarnews.com _ Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Senin, 5/3/2018 merayakan keputusan AS untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dalam pertemuan pertama mereka di Amerika Serikat sejak keputusan itu diumumkan - dan Trump mengatakan dia mungkin akan mengunjungi Israel untuk dedikasi kedutaan baru.

“Merupakan kehormatan besar untuk memiliki Perdana Menteri Netanyahu dan Ibu Netanyahu bersama kami. Saya akan mengatakan mungkin ini hubungan terbaik dengan Israel yang pernah kami miliki, ”kata Trump.

Trump mengatakan memindahkan mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Israel dan memindahkan kedutaan merupakan keputusan yang ia buat.

Dia menambahkan bahwa banyak presiden yang membahas keputusannya dan mereka berjanji akan melakukan sesuatu dalam kampanye mereka tetapi mereka tidak pernah mampu melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Jadi saya bisa melakukannya, dan saya pikir itu adalah sesuatu yang sangat dihargai di Israel.

Netanyahu berterima kasih kepada Trump atas pengakuan itu, yang di sebagian besar wilayah Timur Tengah dianggap sebagai rintangan lain untuk membawa perdamaian ke kawasan itu.

"Ini adalah pertama kalinya kami bertemu di Washington, ibukota Amerika, setelah Anda menyatakan, (Bapak Presiden AS), Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Dan ini adalah proklamasi bersejarah yang diikuti dengan keputusan berani Anda untuk memindahkan kedutaan pada Hari Kemerdekaan Nasional kita yang akan datang, ”kata Netanyahu, mengacu pada liburan 14 Mei untuk membuat Trump berkunjung ke Israel dalam pemindahan kedutaan AS .

Trump juga meramalkan bahwa AS dapat menengahi kesepakatan antara Israel dan Palestina - meskipun pimpinan Palestina menghentikan pembicaraan.


0 Komentar