Sabtu, 28 April 2018 06:35 WIB

KPU Malaysia Umumkan Para Calon Pemilu Hari Ini

Editor : Rajaman
Malaysia Gelar Pemilu (ist)

KUALA LUMPUR, Tigapilarnews.com -  Komisi Pemilihan Umum atau EC Malaysia bakal mengumumkan para kandidat dalam Pemilu ke-14 Malaysia pada Sabtu (28/4) hari ini. Rakyat Negeri Jiran semakin dekat ke hari pemungutan suara.

Dilansir laman CNN, Sabtu (28/4/2019), Pemilu di negara demokrasi parlementer ini mengadu petahana Perdana Menteri Najib Razak melawan pihak oposisi Mahathir Mohammad. 

Mahathir telah menjabat 22 sampai 2003 lampau. Dia berambisi mengalahkan partai yang sebelumnya dia pimpin. Caranya, dia bergabung dengan musuh bebuyutannya yakni Anwar Ibrahim, pria yang pernah dipenjara gara-gara kasus korupsi dan sodomi.

Mahathir dan Anwar telah menyudahi rivalitasnya untuk fokus mengalahkan Najib beserta Partai UMNO-nya. Partai UMNO punya konstituen terbesar dalam koalisi penguasa, Barisan Nasional.

Hari ini adalah hari pencalonan alias 'nomination day'. Selanjutnya, kampanye bakal resmi dimulai sampai 8 Mei, alias 11 hari. Rakyat Malaysia akan melakukan pemungutan secara nasional pada 9 Mei nanti.

Masa kampanye untuk Pemilu tahun ini lebih pendek dari Pemilu 2013 lalu yang ditetapkan selama 15 hari. Pengumuman waktu pelaksanaan Pemilu ini dilakukan setelah parlemen Malaysia resmi dibubarkan pada 7 April lalu. 


0 Komentar