Jumat, 27 April 2018 20:36 WIB

INASGOC Akan Rutin Terima Kunjungan Delegasi NOC Asia

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Menjelang empat bulan lagi pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta Palembang, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) akhir-akhir ini sibuk menerima kunjungan delegasi National Olympic Committee (NOC) dari berbagai negara peserta pesta olahraga bangsa Asia ke-XVIII ini.

Usai pekan lalu, Panitia Pelaksana Asian Games 2018 menerima kunjungan dari NOC Chinese Taipei, maka awal pekan ini, giliran NOC Lao People Democratic Republic (PDR) datang menyambangi markas Panitia Pelaksana di Senayan, Jakarta. Jika dibandingkan delegasi Chinese Taipei yang berjumlah 39 orang yang terdiri dari pengurus pusat NOC, konsultan teknik, pelatih, hingga awak media, maka delegasi NOC Lao PDR diwakili lima orang dan semuanya pengurus NOC.

“Dengan makin dekatnya pelaksanaan, kunjungan delegasi NOC Asia memberikan motivasi kepada kami agar persiapan yang dilakukan harus lebih intensif. Meski mereka menyatakan kepuasan, kami juga mencatat input-input positif agar penyelenggaraan bisa berjalan lancar,” ujar Sekjen Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Eris Heryanto.

NOC yang datang tak hanya memastikan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah. Lebih jauh dari itu, mereka juga menguji beberapa venue yang menjadi andalan negaranya untuk meraih medali emas. NOC Chinese Taipei, contohnya. Saat berkunjung ke Palembang, delegasi yang dipimpin Vice President Chinese Taipei Olympic Committee, Chao-Kuo Chang secara khusus meninjau tiga venue cabang olahraga di Jakabaring Sport City, yakni venue boling, tenis, dan sepatu roda. Tiga cabang tersebut merupakan andalan Chinese Taipei selain angkat besi, taekwondo, dan karate.

Menurut Chao-Kuo Chang, peluang Chinese Taipei mendulang prestasi seperti meraih 10 medali emas di Asian Games Incheon 2014, cukup terbuka. “Kami punya cabang andalan baru, sepatu roda. Sementara itu, venue boling dan tenis di Palembang sudah bagus dan memberi keyakinan kami bisa berprestasi,” ucapnya saat di Jakarta,  Jumat pekan lalu.

Sementara itu, delegasi Laos yang dipimpin Soethanom Tanthavong, wakil NOC Lao PDR Olympic Committee cukup menyambangi Jakarta. Mereka meyempatkan diri melihat beberapa venue di kompleks Gelora Bung Karno dan Athletes Village di Kemayoran.

Selain itu, tujuh orang delegasi dari NOC Singapura juga menyempatkan diri datang ke ibu kota. Bersama dengan lima orang delegai NOC Laos, keduanya menggelar pertemuan khusus dengan Panitia Pelaksana Asian Gamea 2018 di Pulau Dua Senayan, Kamis ( 26/4/2018)  dalam acara bertajuk, “INASGOC  & NOC Coordination Meeting. 

Turut hadir mewakili NOC Singapura, diantaranya Tan Shufang selaku Senio Manager, Major Games, Rex Foo selaku Sport Performance Manager, Frankie Tan selaku Head of Sport Science and Medicine beserta staf. Dan NOC Laos yang dihadiri Southanom Inthavong selaku Deputy Secretary General dan Sengsaden Bounlavong selaku NOC Administrative Deputy Director beserta staf.

Indra Kartasasmita sebagai Koordinator Departemen International Relations & Protocol, membuka kesempatan kepada seluruh tamu untuk menanyakan berbagai hal mengenai Asian Games 2018. “Di kesempatan ini, Saya memberikan kesempatan kepada seluruh tamu undangan untuk menanyakan segala hal terkait Asian Games 2018. Apabila masih memiliki pertanyaan, dengan terbuka kami siap membantu seluruh delegasi,” ucap Indra Kartasasmita. 

Menurut Departemen International Relations and Protocol Panitia Pelaksana Asian Games 2018, dalam waktu dekat beberapa NOC, seperti  Jepang dan Filipina akan datang melihat kesiapan Indonesia.(exe/ist)


0 Komentar