Jumat, 20 April 2018 07:52 WIB

PKS Tak Rela Jika Anies Baswedan Jadi Cawapres Prabowo

Editor : Rajaman
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali mengaku tidak rela jika sembilan nama calon wakil presiden (cawapres) besutan partainya untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diganti oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Relakah kalau sembilan cawapres PKS diganti dengan Anies Baswedan. Kalau melihat dari kondisi sekarang tidak rela," kata Mardani, Kamis (19/4/2018).

Pada survei Cyrus Network yang dilakukan pada 27 Maret - 3 April 2018, dari 20 nama yang diajukan ke 1.230 responden, Anies menempati urutan pertama cawapres yang terpopuler untuk mendampingi Prabowo dengan tingkat popularitas 15,3 persen.

Kendati demikian, Mardani melanjutkan masa pendaftaran capres dan cawapres masih Agustus 2018. Menurutnya segala hal dapat terjadi dalam kurun waktu April hingga Agustus mendatang.

"Agustus tuh masih panjang anything can happen," kata Mardani.

ebih lanjut, Mardani meluruskan soal pernyataan Presiden PKS Sohibul Iman yang mengatakan pihaknya akan berkoalisi dengan Partai Gerindra jika salah satu dari sembilan nama yang sudah diusulkan dipilih menjadi pendamping Prabowo di pilpres 2019.

Menurut Mardani, justru Prabowo yang meminta nama cawapres dari partainya.

"Itu yang mengajukan bukan PKS kok, Prabowonya yang mengajukan," kata Mardani.

Ia menegaskan pengajuan kesembilan nama calon yang diusung oleh PKS berdasarkan kesepakatan antara partainya dan Partai Gerindra. 

"Tanya sama pak Iman [Presiden PKS Sohibul Iman], yang jelas itu kesepakatan bukan dipaksa PKS, jadi kedua belah pihak berjalan, bahwa Prabowo yang nawarin dan PKS-nya siap.
Komunikasinya seperti apa, itu pak Iman yang tahu," kata dia.

KS mengajukan sembilan nama capres dan cawapres. Kesembilan itu adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Fungsionaris PKS M. Anis Matta, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno.

Selain itu ada nama Presiden PKS Muhammad Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, Anggota DPR Tifatul Sembiring, Anggota DPR Al Muzammil Yusuf MS, dan Anggota DPR Mardani Ali Sera.


0 Komentar