Jumat, 20 April 2018 07:20 WIB

Pembangunan Infrastruktur Diingatkan Jaga Kualitas

Editor : Luki Junizar
Fary Djemi Francis (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kecelakaan proyek pembangunan infrastruktur jalan tol kembali terjadi. Kali ini insiden terjadi di proyek jalan tol Manado-Bitung di Desa Tumaluntung, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, pada Selasa (17/4/2018). 

Menggapai hal itu, Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis kembali mengingatkan pemerintah soal kualitas pengerjaan jalan tol di Indonesia. Saat ini, bukan berapa banyak jalan tol yang dibuat, tapi seberapa berkualitas jalan itu.

“Jika perencanaan berkualitas dan semuanya dijalankan sesuai SOP, maka tidak mungkin timbul kecelakaan. Kita ini bukan keledai, jangan jatuh di lubang yang sama,” tegas Fary kepada wartawan, Jumat (20/4/2018).

Menurut Fary, pemerintah jangan mengejar cepat selesai untuk pencitraan dengan mengabaikan kualitas.“Infrastruktur ini dibangun untuk rakyat, bukan untuk pencitraan. Maka hasil kerjanya harus berkualitas, dengan perencanaan  yang berkualitas, dalam keselamatan konstruksi yang berkualitas. Jangan kejar tayang, yang akibatnya kecelakaan dimana-mana,” ungkapnya.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, pihaknya telah melakukan upaya pengawasan dengan memanggil Menteri terkait dan BUMN untuk menyikapi banyaknya kecelakaan konstruksi.

“Kita sudah memanggil, mereka bilang pada kecelakaan proyek Becakayu lalu setelah diteliti ada kesalahan SOP, sehingga di moratorium untuk perbaiki semua SOP sesuai program strategis nasional. Tapi nyatanya terjadi lagi. Makanya kami akan melakukan kunjungan untuk mengecek dan menginvetigasi secara langsung,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi V DPR RI Sahat Silaban juga mengingatkan pemerintah agar dalam pelaksanaan semua proyek pembangunan infrastruktur harus mengikuti SOP, agar kelalaian yang terus terjadi tidak berulang.

“Pelaksana dan pengawas harus ditegur, karena kejadian seperti ini berulang. Kalau mengikuti SOP, saya percaya kejadian ini tidak akan terjadi,” yakin politisi Partai NasDem itu.


0 Komentar