Selasa, 17 April 2018 15:01 WIB

Peran Penting Satpol PP dan Netral Dalam Proses Pilkada

Editor : Amri Syahputra

Pekanbaru, Tigapilarnews.com _ Peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menjadi penting pada tahun politik seperti saat ini. Pasalnya, Satpol PP dan Satlinmas harus ikut mengawal agenda nasional pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

Demikian disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim saat menjadi inspektur upacara HUT Satpol PP ke 68 dan HUT Perlindungan Masyarakat ke 56, sekaligus Apel Siaga Pengawalan Pilkada Serentak tahun 2018, di halaman Kantor Gubernur Riau, Senin, 16/4/2018.

"Satpol PP punya peran yang penting dan harus netral dalam pesta demokrasi ini. Satpol PP merupakan ASN yang berfungsi sebagai pelaksana pemerintahan dan pelayanan publik dan bersih dari praktek kejahatan. Itulah menggapai Satpol PP juga wajib netral dalan proses Pilkada ini," ungkapnya.

Wan Thamrin juga mengingatkan, supaya Satpol PP dan Satlinmas tetap berpedoman pada aturan yang ada, seperti halnya sesuai Peraturan Mendagri Nomor 54 Tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Satpol PP. Sementara, bagi Satlinmas, berpedoman pada Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Menangani Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu.

"Berangkat dari Undang-Undang tentang Pilkada tersebut, saya berharap Satpol PP siap siaga meningkatkan ketertiban masyarakat," harapnya.

Ia juga meminta Satpol PP agar senantiasa menjalin komunikasi yang baik dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan serta perlindungan masyarakat sebelum dan setelah Pilkada serentak.

"Komunikasi yang baik dengan seluruh stakeholder baik pemerintah, tokoh masyarakat dan masyarakat itu yang penting," tandasnya.


0 Komentar