Selasa, 17 April 2018 14:16 WIB

Utang luar Negeri Indonesia Capai $ 356,2 Miliar Pada Bulan Februari

Editor : Amri Syahputra
Ilustrasi Bank Indonesia. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Bank Indonesia (BI) telah mengumumkan bahwa utang luar negeri Indonesia mencapai US $356,2 miliar pada Februari, naik 9,5 persen dari bulan sebelumnya.

Angka utama termasuk $181,4 miliar dari pemerintah dan utang BI serta $174,8 miliar dari utang perusahaan swasta.

"Pengelolaan utang luar negeri sejalan dengan kebijakan fiskal untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui kegiatan produktif dan investasi," kata BI dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Senin.

Utang pemerintah sendiri berjumlah $177,9 miliar pada akhir Februari, terdiri dari surat utang pemerintah yang dipegang oleh orang asing ($121,5 miliar) dan utang dari kreditor asing ($56,3 miliar).

Tanpa menyebutkan angka, BI mengatakan biaya utang luar negeri pemerintah sekarang lebih rendah daripada di masa lalu, sejalan dengan kepercayaan investor yang lebih besar di Indonesia karena fundamental ekonomi negara yang membaik dan peningkatan peringkat kredit.

BI menjelaskan bahwa utang sektor swasta terkonsentrasi di sektor manufaktur, di pertambangan dan dalam pengembangan proyek listrik, gas dan air.

BI mengatakan jumlah utang luar negeri terkendali, sebagaimana tercermin dalam rasio utang terhadap PDB 34 persen, jauh lebih rendah daripada di negara-negara tetangga.

"Bank Indonesia, bekerja sama dengan pemerintah, akan terus memantau utang luar negeri untuk memastikan dana digunakan secara optimal untuk membiayai pembangunan, tanpa mengabaikan risiko dan stabilitas ekonomi," tambah BI.


0 Komentar