Senin, 16 April 2018 15:25 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Melayani 100 Juta Penumpang Pada 2025

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Operator bandara milik negara PT Angkasa Pura II (AP) sedang dalam proses memperoleh tanah untuk landasan ketiga di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, untuk meningkatkan kapasitas bandara menjadi 100 juta penumpang pada tahun 2025.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan proyek senilai Rp2,6 triliun ($189 juta) dirancang untuk meningkatkan frekuensi lepas landas dan mendarat ke 114 pergerakan dari 81 saat ini.

"Dengan pembangunan landasan ketiga, kami akan meningkatkan pergerakan pesawat di bandara ini," kata Awaluddin saat wawancara pers pada hari Minggu.

Landasan ketiga akan dibangun di atas lahan seluas 216 hektar, di mana AP II sejauh ini telah memperoleh 115 hektar. Akuisisi sisa 101 hektar diharapkan akan selesai pada bulan September 2018, tambahnya.

Tanah yang akan diakuisisi terletak di desa Bojong Renget, Rawa Buring, dan Rawa Rengas di Tangerang, tambahnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah mendukung perluasan bandara dengan pembangunan proyek-proyek infrastruktur utama.

"Pembangunan proyek-proyek kunci di bandara Soekarno-Hatta pasti akan meningkatkan layanan untuk maskapai penerbangan dan penumpang," katanya saat mengunjungi bandara pada hari Minggu.

AP II sedang dalam proses membangun fase pertama dari lintas taxiway timur untuk menghubungkan landasan pacu utara dan selatan yang ada untuk meningkatkan mobilitas pesawat dan dengan demikian meningkatkan gerakan hingga 86 per jam.


0 Komentar