Selasa, 10 April 2018 13:56 WIB

UNBK di Jayapura Lancar, Walau Ada Gangguan Teknis

Editor : Amri Syahputra
UNBK

Jayapura, Tigapilarnews.com _ Hari pertama ujian nasional digital perdana (UNBK) untuk siswa SMA di Jayapura, Papua, berjalan dengan lancar meskipun ada gangguan jaringan di wilayah tersebut.

Ujian nasional digital untuk siswa SMA akan berjalan dari Senin hingga Kamis.

“Ujian nasional berjalan dengan baik. Dua puluh tiga sekolah menengah atas berpartisipasi dalam ujian digital, sementara tiga sekolah lain menggunakan ujian kertas, ”kata kepala Dinas Pendidikan Jayapura Fachrudin Pasolo, Senin.

Koneksi internet di Papua telah mengalami gangguan sejak 7 April sebagai akibat dari masalah teknis dengan kabel serat optik bawah air di sekitar Biak dan Sarmi, yang jelas disebabkan oleh gempa bumi sehari sebelumnya.

Manajer umum Papua Lonely Baringin dari perusahaan telekomunikasi milik negara PT Telkom mengatakan bahwa dua dari tiga sekolah masih menggunakan ujian kertas berada di luar jaringan perusahaan. Satu sekolah yang tersisa tidak menggunakan layanan Telkom.

Untuk menjaga stabilitas jaringan internet selama ujian digital, Telkom Papua telah menyediakan koneksi internet berkecepatan tinggi ke sekolah-sekolah dengan bandwidth hingga 3 megabit per detik. Layanan ini akan diberikan hingga ujian nasional digital untuk siswa sekolah menengah pertama berakhir pada 26 April.

Perbaikan kabel bawah laut akan dilakukan setelah perusahaan memperbaiki hubungannya antara kabupaten Kaimana dan Timika, yang diharapkan selesai pada 14 April. Untuk mengantisipasi gangguan jaringan lebih lanjut selama perbaikan, Telkom untuk sementara waktu mengaktifkan layanan Internet satelit.

Konektivitas di provinsi ini diperkirakan akan kembali normal antara 5 Mei dan 6 Mei.


0 Komentar