Kamis, 05 April 2018 14:26 WIB

Kapolda NTB Terpilih Jadi Deputi Penindakan KPK

Editor : Luki Junizar

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi memilih Brigadir Jenderal Firli untuk menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK. Firli saat ini bertugas sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Firli akan menggantikan posisi ditinggalkan oleh Komisaris Jenderal Heru Winarko, yang diangkat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Sudah diputuskan (Firli terpilih), besok pelantikan," kata Wakapolri Komjen Syafruddin di Kantor Kemenko PMK, Kamis (5/4/2018).

Syafruddin menilai Firli layak untuk menempati posisi deputi penindakan KPK. "Bagus sekali, salah satu perwira muda yang terbaik di Polri," ujar Syafruddin.

KPK sebelumnya menyatakan ada tiga orang yang lolos dalam tahap wawancara dengan pimpinan. Mereka adalah Firli, Direktur Eksekusi dan Eksaminasi Pidana Khusus Kejaksaan Agung Wisnu Baroto, dan jaksa Witono.

"Tes kemarin sudah kami lakukan, kelihatannya deputinya sudah kami temukan, sudah mendapatkan dari hasil tes itu," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Selasa (3/4) lalu.

Setidaknya ada sepuluh orang yang mengikuti seleksi Deputi Penindakan KPK, selepas ditinggalkan Komjen Heru Winarko. Mereka adalah tujuh orang dari Kejaksaan Agung dan tiga orang dari Polri. 

Tujuh nama dari Kejagung itu di antaranya Staf Ahli Jaksa Agung Feri Wibisono, Direktur Eksekusi dan Eksaminasi Pidana Khusus Wisnu Baroto, Direktur Penuntutan Pidana Khusus Kejagung Heffinur, Sekretaris Jampidsus Fadil Jumhana, Oktovianus, Tua Rinkes Silalahi, serta Witono.

Sementara dari Polri yakni Kepala Biro Pengkajian dan Strategi Sistem Operasi Polri Brigadir Jenderal Toni Harmanto, Perwira Menengah SSDM Polri penugasaan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang Brigjen Abdul Hasyim Gani dan Firli


0 Komentar