Selasa, 03 April 2018 01:06 WIB

Liga Arab Akan Mengadakan Pertemuan Darurat Bahas Serangan Mematikan Israel Terhadap Palestina

Editor : Amri Syahputra

Liga Arab akan mengadakan pertemuan darurat Selasa tentang serangan mematikan Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza, kata pejabat liga, Senin, 2/4/2018.

Saeed Abu Ali, asisten sekretaris jenderal Palestina dan Wilayah Arab Pendudukan dari Negara-Negara Liga, mengatakan Arab Saudi akan memimpin pertemuan tingkat perwakilan yang akan diadakan atas permintaan Otoritas Palestina.

Palestina mendesak Liga Arab, Minggu, untuk mengadakan pertemuan karena "kejahatan Israel terhadap demonstran damai yang terjadi pada Jumat, 30/3/2018", duta besar negara itu untuk Kairo mengatakan kepada Anadolu Agency.

Diab al-Louh mengatakan negaranya mengajukan memorandum ke Liga Arab untuk mengadakan pertemuan di tingkat perwakilan permanen karena kejahatan Israel dan penggunaan kekuatan mematikan terhadap para demonstran damai selama demonstrasi Hari Tanah Palestina Jumat, 30/3/2018.

Liga Arab mengatakan bahwa perkembangan itu diikuti dengan ketat yang mengakibatkan 15 warga Palestina menjadi martir di perbatasan Gaza. Kelompok itu juga menuntut masyarakat internasional memenuhi tanggung jawabnya untuk menghentikan pelanggaran Israel dan membentuk komisi penyelidikan. Selain para martir, serangan itu melukai hampir 1.500 korban.

Puluhan ribu demonstran berkumpul hari Jumat di perbatasan timur Gaza sepanjang 45 kilometer (28 mil) dengan Israel untuk menuntut hak mereka untuk kembali ke rumah leluhur mereka di Palestina yang bersejarah.

Untuk mengantisipasi demonstrasi massa, Israel mengerahkan ribuan pasukan di sepanjang perbatasan.

Dijuluki "Great March of Return," protes juga dimaksudkan untuk menekan Israel untuk mengangkat blokade Gaza lebih dari satu dekade.


0 Komentar