Senin, 02 April 2018 16:06 WIB

Peran Media dan Broadcast Sangat Penting untuk Kesuksesan Asian Games

Editor : Eggi Paksha
World Press Briefing (WPB) yang digelar INASGOC. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Antusiasme media terhadap pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta Palembang tergolong luar biasa.
 
Bukan hanya di Asian Games 2018 ini akan mempertandingkan banyak cabang dan nomor pertandingan, termasuk cabang-cabang baru yang akan dilombakan di Olimpiade Tokyo 2020, tapi penyelenggaraan perdana pesta olahraga bangsa Asia di dua kota juga menarik minat awak media.
 
Atas dasar itulah, sekitar 200 media, termasuk 100 media asing dari berbagai belahan dunia, baik negara peserta Asian Games, maupun media yang mewakili kantor berita internasional, menghadiri World Press Briefing (WPB), yang berlangsung, 2-3 April di Hotel Borobudur, Jakarta. Perwakilan media yang hadir berasal dari Qatar, Arab Saudi, Pakistan, Palestina, Laos, Jepang, China, China Taipeh, Uzbekistan, Kazakstan,  Laos, Vietnam, Iran, Malaysia, dan beberapa negara Asia lainnya. Tak ketinggalan, media dari negara Non NOC,s, seperti Reuters, AP, AFP, juga hadir.
 
“Kegiatan mengundang dan presentasi di depan media sering digelar INASGOC. Tahun lalu, kami menggelar World Broadcast Meeting dan Asian Games Media & Journalist Forum, dan tahun ini World Press Briefing. Hal itu tak lain, karena peran media dan broadcast sangat penting untuk kesuksesan Asian Games. Jika mereka meliput dan bekerja dengan nyaman, maka dukungan akan diberikan kepada penyelenggara demi menyajikan pelayanan yang maksimal,” ujar Sekjen INASGOC, Eris Herryanto saat memberi sambutan pembukaan yang dihadiri Vinod Tiwari, Direktur International & NOC’s Relations OCA dan Tony Mariadas, Media Committee OCA.
 
Tanggapan positif diberikan sejumlah peserta WPB. Paling tidak, pelaksanaan kegiatan ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal teknis peliputan. Mulai dari penggunaan remote atau robotic camera, transportasi antara Jakarta – Palembang, serta  mekanisme memasukkan peralatan kerja melalui bandara.
 
“Kami berharap kegiatan ini bisa mengangkat isu-isu yang dekat dengan kebutuhan media dan mereka bebas mengungkapkan apa yang mereka inginkan agar kerja peliputan selama Asian Games 2018 nanti bisa lebih maksimal. Yang pasti, pelaksanaan Asian Games 2018 di dua kota tak hanya memberikan tantangan bagi penyelenggaraan, tapi juga bagi peliput. Untuk itulah, segala input demi kemudahan mereka bekerja kami nantikan,” lanjut Eris.
 
Di hari pertama, kegiatan  berisikan paparan kesiapan bidang-bidang penting di Asian Games, seperti media, sports, venue, transportasi, broadcast, dan akomodasi.  Welcome Gala Dinner yang akan dihadiri Ketua Pelaksana INASGOC, Erick Thohir akan berlangsung, Senin malam.
 
Sementara kunjungan ke beberapa venue, seperti Athletes Village, Velodrome Rawamangun, dan Equestrian Park Pulomas, serta  Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan akan digelar di hari kedua, Selasa (03/04).(exe/ist)

0 Komentar