Jumat, 30 Maret 2018 20:53 WIB

Prancis Diperingatkan Tak Dukung Milisi Kurdi Suriah

Editor : Eggi Paksha
Wakil Perdana Menteri Turki, Bekir Bozdag. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Wakil Perdana Menteri Turki, Bekir Bozdag memperingatkan Prancis untuk tidak memberikan dukungan kepada milisi Kurdi Suriah.

Ini adalah respon atas pernyataan yang dilontarkan oleh Presiden Prancis, Emanuel Macron.

Bozdag menyatakan, milisi Kurdi Suriah, baik itu YPG atau PYD adalah kelompok teroris dan merupakan musuh Turki. Siapapun yang mendukung mereka, lanjut Bozdag, akan dianggap sebagai musuh Turki.

"Mereka yang terlibat dalam kerja sama dan solidaritas dengan kelompok-kelompok teror terhadap Turki, akan dianggap layaknya teroris, menjadi target Turki. Kami berharap Prancis tidak mengambil langkah irasional seperti itu," ucap Bozdag, seperti dilansir Reuters pada Jumat (30/3).

Sebelumnya, Macron memastikan dukungan untuk Pasukan Demokrat Suriah (SDF) yang didominasi Kurdi untuk menstabilkan Suriah timur laut dari ISIS. 

"Presiden memberi penghormatan kepada pengorbanan dan menentukan peran SDF dalam perang melawan Daesh," kata kantor Macron dalam sebuah pernyataan menggunakan sebutan Arab untuk ISIS.

"Dia meyakinkan SDF, dukungan Prancis untuk stabilisasi zona keamanan di timur laut Suriah, dalam kerangka pemerintahan yang inklusif dan seimbang, untuk mencegah kebangkitan Negara Islam," imbuh pernyataan itu.(exe/ist)


0 Komentar