Jumat, 30 Maret 2018 08:26 WIB

Kemenpora Didorong Bangun Sistem Keolahragaan yang Baik

Editor : Luki Junizar
Ilustrasi Asian Games 2018. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Anggota Komisi X DPR RI Putu Supadma Rudana mendorong Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk membangun sistem keolahragaan yang baik menjelang pelaksanaan Asian Games di pertengahan 2018 nanti. 

Sejumlah hal ia ingatkan agar pesta olahraga terbesar se-Asia ini dapat berjalan sukses di berbagai aspek.

“Perwujudan Asian Games ini harus berupa catur sukses. Yakni sukses prestasi bukan hanya pencapaian medali saja pada saat Asian Games selain itu bagaimana negara berperan dalam membangun sistem keolahragaan Indonesia,” ungkap Putu Supadma dalam keterangan pers, Jumat (30/3/2018).

Politisi Demokrat ini menyoroti sejumlah hal yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah yakni, mengenai kesejahteraan atlet pada saat masa produktif maupun saat mereka sudah pensiun. 

“Juga bagaimana ini secara berkesinambungan membangun regenerasi atlet untuk berprestasi pada gelanggang nasional maupun international juga membangun sarana dan prasarana serta kelengkapan olahraga yang representatif. Juga meningkatkan sport sience guna memberikan dukungan kesehatan, gizi, pendukungan financial dan skills kepada para atlet,” tuturnya.

Lebih lanjut Putu menyatakan, prestasi olahraga tidak saja menyangkut soal medali, tetapi menyangkut seluruh aspek seperti sukses administrasi, sukses pelaksanaan, dan sukses ekonomi.

“Sukses administrasi tentu kita berharap semua kegiataan ini dikelola dengan baik dan mengutamakan ketertiban administrasi dan good governance sehingga pra pada dan pasca pelaksanaan semua akan akuntabel,” lanjutnya.

Sukses pelaksanaan juga menjadi hal penting agar Kemenpora selalu mengecek dan mempersiapkan maksimal venue maupun kesiapan berbagai pihak karena inilah kesempatan Indonesia untuk menunjukan eksistensi dalam mempromosikan berbagai hal tentang pariwisata, ekonomi kreatif, destinasi wisata maupun kuliner yang beragam. 

“Potensi promosi yang besar ini merupakan hal mendasar dan penting, juga memberikan informasi akan prestasi olahraga kita melalui museum olahraga agar ditunjukan ke khalayak ramai bahwa Indonesia berprestasi dari awal kita berdiri dan memajang pahlawan-pahlawan olah raga kita yang menyumbangkan medali kepada indonesia,” jelasnya.

Terakhir adalah sukses ekonomi, bahwa dalam event Asian Games ini tentu diharapkan masyarakat bukan sekedar menjadi penonton melainkan mereka menjadi subyek dan pelaku dalam kegiatan ekonomi.

“Mereka wajib juga menerima manfaat dari kegiataan ini tentu dengan mendistribusikan atlet, official dan para fans penonton di masa-masa luang dan tidak ada pertandingan mereka dapat melihat keindahan negeri Indonesia ataupun berkunjung ke tempat-tempat yang representatif menampilkan khazanah budaya dan seni juga kuliner serta ekonomi kreatif nusantara sehingga segala cindera mata nusantara dapat tergaungkan dan menjadi oleh-oleh bagi para penonton yang berasal dari negara lain ini,” jelasnya.

Putu menegaskan, kegiatan Asian Games ini merupakan momentum yang baik guna mempromosikan Indonesia dan pilar utamanya adalah Kemenpora bersinergi dengan segenap kementerian dan lembaga.


0 Komentar