Rabu, 28 Maret 2018 09:16 WIB

Puluhan Tahanan Palestina Meninggal Setelah Dibebaskan

Editor : Amri Syahputra

Pusat Studi Tahanan Palestina mengatakan bahwa lusinan tahanan Palestina yang dibebaskan meninggal karena penyakit serius yang dideritanya selama periode penahanan, kelalaian medis yang disengaja, dan kurangnya perawatan yang layak oleh layanan penjara Israel.

Juru bicara Pusat, Reyad al-Ashqar mengatakan, dalam sebuah pernyataan, bahwa otoritas pendudukan Israel memegang tanggung jawab langsung untuk puluhan tahanan yang meninggal hanya beberapa bulan setelah pembebasan mereka.

Mantan tahanan Hasan Shawamra, 48, dari kota Doura, baru-baru ini meninggal setelah sakit kanker selama penahanannya.

Al-Ashqar menunjukkan bahwa Shawamra meninggal di Rumah Sakit Al-Ahli di Hebron, di mana ia menjalani perawatan untuk kanker. Dia ditahan pada 2/22/16 dan menghabiskan 17 bulan di penjara Israel.

Dia lebih lanjut mencatat, menurut Al Ray, bahwa pengadilan pendudukan Israel mengeluarkan keputusan untuk membebaskannya pada 29 Juli 2017, karena memburuknya kondisi kesehatannya. Dia dirawat di rumah sakit setelah dibebaskan di beberapa rumah sakit untuk perawatan, tetapi tidal membrikan kesembuhan.

Al-Ashqar menuduh kependudukan Israel dengan sengaja mengabaikan perlakuan terhadap tahanan yang sakit dan meninggalkan mereka selama bertahun-tahun tanpa perawatan medis atau pemeriksaan nyata sampai penyakit itu akhirnya memburuk. Kebijakan ini dianggap sebagai bentuk tidak langsung dari pembunuhan, karena mereka meninggal setelah menjalani hukuman dan, dengan demikian, Israel tidak dapat bertanggung jawab atas kematian mereka.

Pusat Palestina untuk Hak Asasi Manusia (PCHR) meminta Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyelidiki kondisi penahanan dan perawatan medis yang diberikan kepada tahanan Palestina, dan untuk mengidentifikasi penyebab serius penyakit di penjara yang menyebabkan kematian mereka baik di dalam maupun di luar.


0 Komentar