Senin, 26 Maret 2018 14:11 WIB

Twitter Publikasikan Informasi Resmi Terkait Pemilu Meksiko

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Jaringan media sosial Twitter telah menandatangani perjanjian dengan Lembaga Pemilu Nasional Meksiko (INE) untuk mendistribusikan informasi resmi selama menjelang pemilihan umum bulan Juli.

Otoritas pemilu Meksiko telah menyetujui kesepakatan serupa dengan Facebook dan sedang mempersiapkan yang lain dengan Google dalam upaya untuk melawan penyebaran informasi palsu yang melanda pemilihan presiden AS baru-baru ini.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan Minggu oleh INE mengatakan tiga debat presiden akan disiarkan melalui platform Periscope sebagai bagian dari kesepakatan.

"INE dan Twitter telah menandatangani nota kesepahaman untuk mencapai, melalui jejaring sosial ini yang memiliki jutaan pengikut, memberi informasi kepada masyarakat secara memadai dan tepat waktu tentang aspek yang paling penting dari proses pemilu," kata INE.

Pernyataan itu mengatakan Twitter akan mempublikasikan informasi di akun resmi @TwitterLatAm dan @TwitterGov untuk memberikan "visibilitas ke informasi publik disebarkan oleh INE."

The INE - yang bertanggung jawab untuk melindungi daftar pemilih Meksiko - menekankan perjanjian "sama sekali tidak berarti berbagi atau menggunakan data pribadi dengan salah satu pihak."

Institut Akses Nasional (INAI) - yang bertugas memantau data pribadi orang-orang Meksiko - sementara itu mengatakan akan menghubungi pihak berwenang di Amerika Serikat dan Inggris Raya mengingat skandal yang melanda Facebook dan Cambridge Analytica.

Perusahaan komunikasi, yang bekerja pada kampanye pemilihan Presiden AS Donald Trump, telah dituduh secara ilegal menambang puluhan juta data Facebook.

INAI mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa belum ada bukti bahwa Cambridge Analytica telah mengakses data pribadi orang-orang Meksiko.

Pemungutan suara pada 1 Juli akan mencakup pemilihan presiden dan juga untuk dua cabang Kongres dan sejumlah kursi lokal.


0 Komentar