Minggu, 25 Maret 2018 15:53 WIB

Ini Tanggapan Hotman Paris atas Mangkirnya Syahrini dalam Dua Kali Pemanggilan sebagai Saksi First Travel

Editor : A. Amir

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Artis Syahrini ikut terseret dalam kasus First Travel sebagai salah satu artis yang menjadi saksi yang dipanggil dalam persidangan dengan terdakwa ketiga bos First Travel, Andika Surachman, Anniesa Hasibuan, dan Kiki Hasibuan. Seperti diketahui Biro perjalanan ini memberangkatkan ke Tanah Suci dengan fasilitas VIP plus sebagai artis yang mempromosikan (memakai atribut) First Travel.

Berdasarkan berita sebelumnya, bahwasanya artis yang bernama lengkap Rini Fatimah Jaelani sudah dipanggil sebanyak dua kali sebagai saksi. Namun sampai pemanggilan kedua pada persidangan Rabu (21/3) lalu, Syahrini belum hadir di depan muka persidangan. Sampai-sampai Jaksa Penuntut Umum Hery Jerman akhirnya mengatakan, bahwa apabila sampai panggilan ketiga yang akan dijadwalkan pada 2 April mendatang Syahrini kembali mangkir,  maka jaksa akan melakukan kewenangannya melakukan pemanggilan paksa. 
"Kalau enggak hadir lagi, dengan terpaksa saya menggunakan pasal 224 KUHP oleh karena sudah menjadi kewajiban bagi Syahrini menjadi saksi," kata Hery usai sidang PN Depok 21/3/2018.

Mendengar hal tersebut, kuasa hukum Syahrini,  Dr. Hotman Paris Hutapea, SH angkat bicara. Ia mengatakan ketidakhadiran Syahrini sebagai saksi bukan karena mangkir. Tapi memang dari sebelum surat panggilan diterima olehnya, sudah berencana untuk pergi ke Eropa. 

"Dia tidak mangkir. Waktu sebelum dia berangkat ke Jerman, datang ke Kopi Johny dan dia mengatakan akan ke Eropa dan waktu itu belum ada panggilan. Sesudah dia mau berangkat, baru ada panggilan. Dia sudah bicara dengan jaksa dan sepakat tanggal 2 April akan datang. Itu bukan mangkir dong kalau sudah sepakat, jadi salah itu semua yang ngomong," ungkap Hotman saat dimintai klarifikasi di Kopi Johny, Kelapa Gading, Sabtu (24/3).

Pengacara 58 tahun ini juga mengaku sangat bingung dengan ucapan jaksa yang menyebut telah memanggil Syahrini sampai dua kali. "Itu yang kita enggak ngerti kenapa jaksa manggil lagi sampai 2 kali padahal udah sepakat tanggal 2 April. Dia juga udah ngakuin kok, sudah bicara. Dia akuin tim Syahrini sudah bicara sama jaksa," tambahnya. 

Menurutnya kepergian Syahrini ke Eropa bukan lantaran Syahrini ingin melawan hukum dan tidak hadir sebagai saksi. Namun kepergiannya itu karena ada urusan pekerjaan. Hotman pun memastikan Syahrini akan hadir dalam prsidangan First Travel dan akan didampingi oleh dirinya. "Dia sudah booking saya. Jadi dia akan saya dampingi selama sidang. Yang pasti dia itu tidak di-endorse, dia tidak dapat duit 5 perak pun. Dia bayar malah cuma ditingkatkan jadi bisnis sebagian," kata Hotman dengan tegas. 

Di akhir perbincangan, pengacara kondang ini menjamin bila Syahrini tidak akan menjadi tersangka dalam kasus dugaan penipuan First Travel. 
"Gue jamin dia enggak akan jadi tersangka. Gue jamin karena enggak ada dasar apapun," mengakhiri.


0 Komentar