Minggu, 25 Maret 2018 11:17 WIB

Pemberontak Suriah di Douma Menyerah

Editor : Amri Syahputra

Beirut, Tigapilarnews.com - Pemberontak Suriah mulai menarik diri dari beberapa kota di bekas wilayah timur Ghouta pada hari Sabtu, mereka menyerah kepada pemerintah dan meninggalkan kota terkepung di Douma sebagai benteng terakhir mereka di sana.

Itu terjadi setelah serangan satu bulan yang menghancurkan Ghouta timur, area lahan pertanian dan kota-kota yang merupakan salah satu pusat pertama pemberontakan pada tahun 2011 dan benteng pemberontak besar terakhir di dekat ibu kota Damaskus.

Sepuluh bus yang membawa pejuang bersama dengan keluarga mereka dan warga sipil lainnya mulai meninggalkan daerah kantong setelah gelap, barisan depan konvoi menuju pengasingan di Suriah barat laut.

Ini mengikuti keberangkatan ribuan orang lain pada hari Jumat dari kota Harasta dalam kesepakatan yang sama untuk pemberontak untuk berangkat dengan senjata ringan sebagai imbalan untuk menyerahkan wilayah mereka.

Bus-bus antri di titik persimpangan sebelum pindah ke daerah kantong di sepanjang jalan di garis depan yang telah dibersihkan dari barikade, puing-puing, dan persenjataan perang yang tidak meledak.

Beberapa tawanan yang ditahan oleh para pemberontak dibebaskan dan televisi pemerintah menunjukkan mereka pergi dengan menggunakan minibus.

Angkatan Darat maju ke kota-kota yang para pemberontak mundur keluar, kata televisi pemerintah. Ini menyiarkan gambar-gambar parit besar dan benteng lain yang ditinggalkan para pemberontak.

Itu berarti hanya Douma yang tersisa dari daerah timur Ghouta yang masih oposisi terhadap pemerintah yang sebulan lalu PBB katakan adalah rumah bagi 400.000 orang.

Dalam konflik tujuh tahun dengan pesawat tempur, helikopter dan artileri, telah menewaskan lebih dari 1.600 orang, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah monitor perang.

Warga dan kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh pemerintah menggunakan senjata yang membunuh tanpa pandang bulu - bom laras yang tidak akurat yang jatuh dari helikopter, gas klorin, dan bahan pembakar yang memicu kebakaran hebat.

Presiden Suriah Bashar al-Assad dan sekutu dekatnya Rusia, yang telah membantu kampanye udara, telah membantah menggunakan semua senjata itu dan mengatakan serangan mereka diperlukan untuk mengakhiri kekuasaan militan Islam atas warga sipil.


0 Komentar