Sabtu, 24 Maret 2018 09:51 WIB

Indonesia Menyerukan Upaya Bersama Untuk Mengenakan Pajak Google, Facebook, Amazon

Editor : Amri Syahputra
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah meminta negara-negara G-20 untuk melakukan upaya bersama untuk pajak perusahaan global dan regional digital seperti Google, Facebook, Twitter, Amazon, Uber, Lazada dan Grab.

Berbicara pada pertemuan G-20 baru-baru ini di Buenos Aires, Argentina, Sri Mulyani menekankan bahwa pajak harus dibayar oleh perusahaan berdasarkan signifikansi ekonomi, bukan berdasarkan keputusan oleh kantor pusat atau cabang perusahaan.

Oleh karena itu, dia menyerukan kerjasama internasional untuk memperjuangkan hak bagi pemerintah untuk mengumpulkan pajak yang adil, terutama dari para penghindar pajak.

"(Kami harus bekerja sama) untuk menangani penggelapan pajak oleh individu dan perusahaan," ucapnya pada hari Jumat, menambahkan bahwa pajak sangat penting untuk pembangunan.

Dia mengatakan bantuan teknis dan hukum diperlukan oleh negara-negara kecil dan berkembang untuk dapat memperoleh pajak yang adil.

Lebih lanjut, ia menyatakan harapan atas adanya Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) negara-negara bekerja sama untuk memastikan bahwa semua negara mendapat manfaat dari era ekonomi digital saat ini.


0 Komentar