Jumat, 23 Maret 2018 10:43 WIB

Bayar Pajak Bukti Nasionalisme

Editor : Eggi Paksha
Ketua DPD RI, Osman Sapta. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ketua DPD RI, Osman Sapta, melaporkan pengisian Surat Pemberitahunan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Wajib Pajak Orang Pribadi tahun 2017 kepada Direktur Jenderal Pajak, Robert Pakpahan.

Osman melakukan pengisian SPT secara elektronik atau menggunakan e-filing dan langsung melaporkan kepada Robert. Dalam kesempatan ini, Robert menilai hal yang dilakukan Osman sebagai contoh yang baik.

Ia pun kembali mengimbau agar masyarakat tepat waktu membayar pajak. Sebab dalam beberapa hari ke depan waktu pelaporan SPT akan jatuh tempo.

"Jadi itu yang kami lakukan di sini Pak Osman Sapta menjadi contoh mematuhi ketentuan perpajakan beliau mengisi SPT, membayar, kemudian melaporkan secara e-filing. Ini adalah bulan Maret memang tanggal 31 bulan Maret jatuh tempo orang SPT orang pribadi tahun 2017," ucapnya di gedung DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (23/3/2018).
 

Lebih lanjut, ia juga menyinggung kesadaran masyarakat terhadap wajib pajak telah meningkat. Hal ini terlihat dari pertumbuhan penerimaan pajak per hari rata-rata sebesar 16% hingga 17%.

"Over all kesadaran wajib pajak SPT itu meningkat itu kelihatan dampak dari amnesty pajak tahun 2016-2017 kesadaran meningkat, basis pajak meningkat, juga kita bisa lihat dari penerimaan cukup bagus entah per hari kemarin pertumbuhannya di level 16%-17%. Jadi mudah-mudahan ini berlanjut terus sehingga penerimaan dari sektor pajak aman, APBN aman," imbuhnya.

Sementara itu, Osman mengatakan hampir 90% anggota DPD RI telah melaporkan SPT WP orang pribadi tahun 2017. Ia pun berharap hal tersebut dapat diikuti oleh anggota parlemen lainnya.

"Ya sudah kita imbau dan saya hanya gongnya saja mereka sudah melakukan 90% di sini sudah melakukan SPT. Jadi kami juga bangga kepada anggota-anggota DPD ini mudah-mudahan juga anggota parlemen lain bisa juga," ungkapnya.

Selain itu, membayar pajak dinilai sebagai salah satu contoh nasionalisme. "Kewajiban membayar pajak membuktikan kita adalah anak bangsa yang nasionalis rasa kebangsaan yang tinggi dan itu sangat-sangat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia," tutupnya.(exe/ist)


0 Komentar