Selasa, 20 Maret 2018 14:36 WIB

Korea Selatan-AS Adakan Latihan Militer Gabungan 1 April

Editor : Amri Syahputra

Seoul, Tigapilarnews.com - Korea Selatan berencana untuk mengadakan latihan militer tahunan bersama Amerika Serikat pada tanggal 1 April setelah penundaan selama Olimpiade Musim Dingin dan Paralmipik, kementerian pertahanan Seoul mengatakan pada hari Selasa.

Seoul mengatakan pada bulan Januari bahwa pihaknya telah sepakat dengan Washington untuk menunda latihan militer reguler untuk memastikan sebuah Olimpiade yang damai, dan kedua Korea mengadakan perundingan formal pertama mereka menjelang Olimpiade.

Militer Korea Selatan dan AS biasanya memulai kedua program tersebut pada bulan Maret. Latihan tersebut dapat melibatkan sebanyak 17.000 pasukan AS dan lebih dari 300.000 warga Korea Selatan.

Latihan tahun ini akan diadakan dalam skala yang sama tetapi tanpa aset strategis AS seperti kapal induk atau pesawat pengebom bertenaga nuklir, kata pejabat Seoul.

Korea Utara, yang menyebut latihan itu sebagai latihan untuk perang, telah mengancam akan mengambil "penentangan" terhadap Amerika Serikat jika negara itu mengadakan latihan militer bersama dengan Korea Selatan.

Namun pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memahami bahwa sekutu harus melanjutkan latihan militer gabungan "rutin" mereka, penasihat keamanan nasional Korea Selatan mengatakan setelah bertemu dengannya awal bulan ini.


0 Komentar