Jumat, 16 Maret 2018 10:31 WIB

Lombok Mencatat Kenaikan Kunjungan Wisatawan Menjelang Nyepi

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Jumlah wisatawan domestik dan mancanegara di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah meningkat secara signifikan menjelang Nyepi, Hari Diam di Bali, yang jatuh pada hari Sabtu.

"Sejak kemarin (Rabu), kami telah melihat adanya peningkatan arus wisatawan mancanegara ke Lombok. Mereka ingin menghabiskan liburan di suasana santai, karena Bali dan Lombok memiliki atmosfir yang sangat berbeda selama Nyepi, "kata ketua bab NTB Indonesia, Lalu Abdul Hadi Faisal, di Mataram, Kamis.

Dia mengatakan tren tersebut bisa dilihat pada lonjakan tingkat hunian hotel di Lombok.

Saat ini, tingkat hunian rata-rata berada pada kisaran 60 sampai 65 persen di Mataram dan sekitarnya dan dapat mencapai hingga 75 persen di daerah wisata seperti Gili Trawangan di Lombok Utara dan Senggigi, Lombok Barat.

Selain Nyepi di Bali, Hadi mengatakan, kenaikan pengunjung ke Lombok juga harus dilakukan dengan serangkaian konferensi dan kegiatan penelitian yang akan dilakukan di daerah tersebut akhir pekan lalu.

"Sekitar 300 mahasiswa Universitas Muhammadiyah dari Sidoarjo, Jawa Timur, misalnya, akan datang ke Lombok. Karena Nyepi di Bali, mereka telah memutuskan untuk tinggal di hotel di Lombok untuk pertemuan mereka, "katanya.

Manajer umum Lombok International Airport (LIA) I Gusti Ngurah Ardita mengatakan karena Nyepi, delapan penerbangan dari Bandara Internasional Ngurah Rai ke LIA dan sebaliknya akan dihentikan sampai hari Minggu.


0 Komentar