Kamis, 15 Maret 2018 20:08 WIB

Partai Demokrat Siapkan Program Pencegahan Korupsi

Editor : Yusuf Ibrahim
Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan (kiri) bersama SBY. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Partai Demokrat menyiapkan program pencegahan korupsi untuk calon legislator pada Pileg 2019.

Ada lebih dari 20 ribu calon yang akan dipersiapkan untuk mengisi posisi di kabupaten/kota, provinsi, sampai DPR.

"Dua puluh ribu calon legislatif (caleg) ini bukan sesuatu yang mudah mengerjakannya, dalam konteks pencegahan. Dan keinginan kami bahwa caleg yang ingin kami ajukan itu benar-benar tidak ada sandungan atau tidak tersangkut ke soal-soal korupsi ini," kata Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (15/03/2018).

Hinca mengaku bertemu dengan salah satu pimpinan KPK dan berdiskusi mengenai partai politik berintegritas, termasuk teknis mempersiapkan caleg. Demokrat, disebutnya, mengundang KPK untuk memberi masukan dan pelatihan dalam rangka pencegahan.

"Konteksnya konteks pencegahan, agar betul-betul kita sama untuk ke depan tidak ada lagi, atau di kilometernya kita sudah bisa berikhtiar bersama untuk tidak ada yang bisa terkena lagi soal korupsi. Meskipun tidak ada jaminan, tapi ikhtiar itu harus kita lakukan," tutur Hinca.

Rencananya, lanjut Hinca, Demokrat akan membagi kegiatan ini di 3 wilayah. Dia juga menyebut soal pakta integritas.

"Kami tadi masih merancang, mungkin kami bagi ke 3 wilayah karena itu 20 ribu lebih ya, 23 ribu sekian. Itu di barat, di tengah, dan di timur. Suatu pertemuan yang bisa bicara langsung dan hal-hal yang sifatnya teknislah, misalnya pakta integritas atau surat pernyataan yang diketahui oleh KPK," ujarnya.

Namun, jika nantinya ada penindakan terhadap caleg yang melanggar pakta integritas, Demokrat menyerahkannya kepada KPK atau penegak hukum lainnya.

"Apa boleh buat ya. Tentu ikhtiar ini tidak bisa juga 100 persen nanti. Tapi mudah-mudahan kami berikhtiar sampai zero tolerance terhadap caleg-caleg kami yang kami siapkan tahun 2019 ke depan," pungkasnya.(exe/ist)


0 Komentar