Kamis, 15 Maret 2018 19:54 WIB

Juara di Jepang, Ini Janji Menpora untuk Timnas U-16

Editor : Eggi Paksha
Menpora Imam Nahrawi (tengah). (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, merasa bangga atas prestasi yang dicapai timnas U-16 di ajang Turnamen Jenesys di Miyazaki, Jepang.

Hal tersebut dikatakan Imam saat menyambut kedatangan timnas U-16 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (15/3). “Bersyukur pelatih dan anak-anak kita di Timnas U-16 membawa kabar gembira buat kita semua. Indonesia tidak pernah kehilangan talenta dari Sabang sampai Merauke. Untuk itu, kita harus tetap semangat. Dan anak-anak harus lebih produktif lagi agar bisa banyak pemain lapis untuk Timnas Indonesia,” kata Imam.

Selain itu, Imam yang didampingi Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta dan Sekjen PSSI, Ratu Tisha, juga mengatakan dirinya sangat bersyukur atas prestasi yang diberikan oleh skuat Garuda Asia. Karena kemenangan ini juga membuat Indonesia kembali disegani di kancah sepak bola Asia.

Menteri asal Bangkalan, Madura itu juga tak lupa memberikan apresiasi berupa beasiswa kepada para pemain Timnas U-16 yang sudah berjuang menjadi juara pada turnamen Jenesys di Jepang.

“Saya juga akan memberikan apresiasi kepada anak-anak yang sudah mengharumkan nama bangsa. Tapi untuk timnas dibawah usia 17 tahun tidak seperti senior, paling kita berikan beasiswa kepada para pemain. Nanti akan diurus,” paparnya.

Sementara itu, pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini mengucapkan terima kasih kepada Menpora yang sudah menyempatkan waktunya untuk menjemput Garuda Muda Indonesia.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Kemenpora dan klub serta PPLP yg sudah meminjamkan para pemainnya. Kedepannya saya berharap ada kerjasama dengan PSSI, pemerintah dan pihak swasta yang selalu mendukung timnas Indonesia baik senior maupun junior,” ujarnya.

“Setelah ini, anak-anak akan kembali ke daerah untuk melanjutkan sekolah. Dan agenda timnas akan ada pada bulan September nanti. Kita juga akan menggelar pelatnas untuk persiapan turnamen dibulan September nanti. Kita juga berharap bisa masuk empat besar,” tandas pelatih asal Bontang Kalimantan Timur itu.

Seperti diketahui, Turnaman Jenesys diikuti 12 negara ini digelar pada tanggal 6-15 Maret 2018. Timnas Indonesia U-16 menjadi juara setelah di final menundukan timnas Vietnam 1-0 (0-0).

Gol penentu kemenangan timnas U-16 dicetak Rendy Juliansyah dari titik putih penalti pada menit 64, menyusul pelanggaran pemain belakang Vietnam di kota terlarang.

Penampilan pasukan


Fakhri Husaini di turnamen Jenesys ini cukup memuaskan. Tim ‘Garuda Asia’ tak terkalahkan sepanjang turnamen ini. Pada penyisihan grup, Filipina dihajar 7-1 dan Kamboja 5-0. Sementara di babak semifinal giliran tuan rumah Jepang dikalahkan 1-0.

Gelar juara yang diraih timnas U-16 ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya mereka juga menjuarai  turnamen Tien Phong di Vietnam pada 2017 lalu.(exe/ist)


0 Komentar