Senin, 12 Maret 2018 14:54 WIB

Segi Positif dan Negatif Waktu-waktu untuk Mandi Agar Terhindar dari Stroke Hingga Mengakibatkan Kematian

Editor : A. Amir

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Hal sepele tapi bila tidak diperhatikan akan mengakibatkan resiko yang merugikan kesehatan pada tubuh seperti stroke sampai yang mengakibatkan kematian. Menurut banyak penelitian, sekalipun orang yang kondisi sehat bugar, apabila mengguyur air langsung ke kepala dimana jaringan syaraf dipusat kepala akan kaget dan mengakibatkan pembuluh darah pecah maka dibutuhkan penyesuaian suhu badan secara perlahan.

Resiko Stroke masih menjadi salah satu penyakit penyebab utama kematian di Indonesia, diantara beberapa kejadian itu berlangsung dikamar mandi. Tubuh manusia memiliki thermo regulator (pengatur suhu) di otak. Ketika suhu tubuh panas maka otak akan memerintahkan pembuluh darah untuk melebar agar terjadi penguapan dan penurunan suhu. Begitupun sebaliknya, pembuluh darah akan menyusut bila tubuh kedinginan. Bilamana tidak mengindahkan aturan yang terlihat sederhana itu, konsekwensinya bisa mengakibatkan resiko stroke hingga kematian.

Seringkali kita meremehkan dan tidak memperhatikan (kurangnya pengetahuan) apabila akan mandi atau membasuh sekujur badan dengan air. Maka bila mau mandi, menurut urutannya terlebih dahulu membasahi kedua tangan, kedua kaki, lalu naik secara perlahan ke lutut, paha, badan dan  terakhir kepala. Ini tidak hanya pada air yang dingin saja tapi bisa pula disebabkan oleh air hangat, tergantung suhu badan saat itu. Kondisi yang berlawanan harus diatur dengan terlebih dahulu, butuh adaptasi antara air dengan tubuh itu sendiri..

Terkait kebiasaan mandi, setiap orang memiliki waktu dan frekuensi mandi yang berbeda. Namun mandi yang tepat sebaiknya di waktu shubuh atau sebelum shubuh. Adalah Dr. Abdul Hamid Dayyat dari Universitas Kairo Mesir menjelaskan, cara hidup sehat saat mandi dipagi buta, air mengandung ozon (kandungan gas O3) lebih tinggi, sehingga sangat baik untuk tubuh dan bisa membuat awet muda serta meningkatkan daya tahan tubuh. Gas O3 memberi manfaat pada urat syaraf, mampu mengaktifkan kerja otak dan menjaga kesehatan tulang.

Namun sebaliknya, ada tiga waktu yang seharusnya tidak boleh dilakukan atau sebisanya dihindari untuk mandi, diantaranya :

1. Jangan Mandi 30 Menit Setelah Sholat Ashar,  di waktu itu kondisi darah dalam tubuh sedang panas. Bila mandi pada saat itu maka tubuh akan terasa lemah dan letih.

2. Jangan Mandi Setelah Magrib, sebab pada pukul 18.00-19.00 kondisi jantung melemah sehingga bila masih berkeinginan mandi akan rentan terkena penyakit paru-paru basah.

3. Sesudah Isya hingga jam 24.00 malam, rentan terserang penyakit rematik.

Nah sahabat media mulai sekarang hindari mandi di 3 waktu tersebut ya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi semua. Aamiin

Silahkan share ke semua sahabat dan juga keluarga anda agar mereka mengerti bahayanya, sebab belum banyak yang mengetahui tentang hal ini.

(AA)


0 Komentar