Minggu, 11 Maret 2018 18:04 WIB

Kapolri Ancam Copot Kapolda yang Tak Bisa Cegah Konflik Sosial

Editor : Rajaman
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (foto istimewa)

YOGYAKARTA, Tigapilarnews.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian bakal mencopot anak buahnya yang tidak bisa mencegah terjadinya konflik massal dan konflik sosial di lapisan masyarakat. Hal itu untuk menjaga stabilitas keamanan negara. 

"Fokus konflik massal dan sosial apalagi dengan latar belakang agama, SARA tidak boleh terjadi konflik sosial yang bisa memecah bangsa ini, berdampak langsung terhadap stabilitas keamanan negara," kata Tito, Minggu (11/3/2018).

Diakuinya, Polri telah memiliki program guna pemetaan potensi konflik sosial dan melakukan langkah-langkah pencegahan. 

"Agar sistem monitoring intelijen jalan, kalau tak jalan, maka yang bertanggung jawab di intelijen saya copot. Tapi jika sudah ada laporan potensi konflik oleh intelijen, ini akan rawan, Kapolda dan Kapolres tidak mengambil langkah cukup untuk menghentikan, akan kita copot," tegasnya.

Untuk kondisi Indonesia saat ini, Tito mengklaim relatif stabil karena jajarannya aktif menjaga stabilitas keamanan. Salah satu tujuannya juga untuk membantu pemerintah agar pertumbuhan ekonomi berlangsung baik. Karena, kondisi keamanan suatu negara memiliki korelasi dengan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

"Kita juga bentuk satgas untuk petakan kartel, bentuk satgas pungli, serta ada satgas pendampingan dana desa, ini harus sampai ke rakyat desa, bukan mengawasi tapi memberi pendampingan. Terakhir kita dukung pemasukan negara lebih tinggi, kita bantu bea cukai dan pajak, infrastruktur ada kecelakaan kerja kita bantu pendalaman dan konsultasi," imbuhnya. 


0 Komentar