Sabtu, 10 Maret 2018 12:51 WIB

Ketua Indonesian Franchise Association Minta Kembangkan Industri Waralaba

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua Indonesian Franchise Association (AFI) Anang Sukandar telah meminta pengusaha untuk bermain aman dan berinovasi untuk menemukan kesuksesan dan membantu negara tersebut untuk mengembangkan industri waralaba.

"Negara kita punya banyak hal untuk dijelajahi. Banyak orang menjalankan bisnis lobster dan bandeng, atau bahkan ikan napoleon (bisnis). Tapi jarang para pengusaha menganggap bisnis waralaba sebagai sebuah peluang, "kata Anang pada 2018 Franchise and Business Concept Expo di Balai Konvensi Kartini di Jakarta, Jumat, 9/3/2018.

Tanpa membahas secara spesifik, ia mengatakan bahwa industri waralaba hanya sedikit memberi kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) negara tersebut, karena walaupun ada banyak peluang bisnis, hanya sedikit perusahaan waralaba di Indonesia.

Kementerian Perdagangan mencatat bahwa, pada tahun 2016, ada 600 waralaba yang beroperasi di negara ini, 400 di antaranya merupakan perusahaan asing.

Dipimpin oleh penyelenggara pameran Neo Expo Promosindo, Franchise dan Business Concept Expo telah berlangsung setiap tahun sejak tahun 2005. Pada acara tahun ini, para pengusaha yang mencari peluang pendanaan dan waralaba menyampaikan gagasan mereka kepada investor. Acara ini diselenggarakan di 18 kota di seluruh Indonesia.


0 Komentar