Sabtu, 10 Maret 2018 09:06 WIB

Pemimpin Dunia Bertemu Percepat Upaya Akhiri Tuberkulosis

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Para pemimpin negara dijadwalkan bertemu di New Delhi untuk Konferensi Tingkat Tinggi Tuberkulosis (TBC), yang akan dimulai pada 13 Maret, untuk meninjau upaya yang sedang berlangsung dan mempercepat tindakan untuk mencapai tujuan akhir tahun 2030 End TB.

Diselenggarakan oleh Kementerian Kesejahteraan Kesehatan dan Keluarga India, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Stop TB Partnership, Pertemuan Akhiri Tuberkulosis 2018 akan diresmikan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi dan ditangani oleh direktur umum WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Kesehatan dan Keluarga India Menteri Kesejahteraan Rakyat JP Nadda dan Ketua Stop Tuberkulosis Partnership Aaron Motsoaledi.

Direktur regional regional Asia Selatan Poonam Khetrapal Singh, direktur eksekutif Stop Tuberkulosis Partnership Lucica Ditiu dan direktur eksekutif Global Fund Peter Sands akan menjadi salah satu pemimpin kesehatan terkemuka untuk menghadiri pertemuan tersebut. Menteri Kesehatan Nila F.Moeloek termasuk menteri kesehatan yang akan berpartisipasi.

Pada tahun 2016 ada 1,7 juta jiwa kematian disebabkan  Tuberkulosis , meskipun kebanyakan kasus dapat disembuhkan. Lebih dari 10 juta orang terjangkit  Tuberkulosis setiap tahunnya. Menurut WHO, wilayah Asia Tenggara, yang merupakan rumah bagi seperempat populasi global, juga mengandung 46 persen kasus penyakit Tuberkulosis yang tidak proporsional yang tercatat di seluruh dunia.

KTT Delhi End Tuberkulosis dibangun di atas Delhi Call to Action yang diadopsi oleh negara-negara anggota WHO SEARO pada bulan Maret 2017 dan Konferensi Tingkat Menteri Global WHO "Mengakhiri TBC di Era Pembangunan yang Berkelanjutan, Respon Multisektoral" yang diadakan di Moskow pada bulan November tahun lalu.

KTT minggu depan akan menetapkan tahap untuk Pertemuan Tingkat Tinggi PBB tentang Tindak Pidana Tuberkulosis tahun 2018. Untuk pertama kalinya Tuberkulosis akan dibahas di Majelis Umum PBB di tingkat kepala negara.


0 Komentar