Kamis, 08 Maret 2018 16:49 WIB

Harus Banyak Pembatik Profesional dan Regenerasinya

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi perajin batik. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat, Deddy Mizwar, berkunjung ke sentra batik Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. 

Dalam kunjungannya itu, pria yang akrab disapa Demiz itu mengelilingi salah satu toko batik dan menyempatkan diri berbincang dengan perajin batik. Tak hanya itu, Demiz juga mencoba membatik. 

Menurut Demiz Cirebon memiliki potensi wisata yang besar. Dengan adanya Tol Cipali membuat geliat ekonomi dan wisata di Cirebon semakin maju. 

"Kalau dilihat perkembangannya, batik Cirebon itu sudah sangat menggembirakan. Kalau belanja batik, orang tahunya di Trusmi. Begitu ada Cipali, pengunjungnya banyak, bahkan sampai macet kalau akhir pekan," ucap Demiz usai berkunjung ke salah satu toko batik di Desa Trusmi, Kamis (08/03/2018). 

Selain potensi wisata belanja, lanjutnya, Cirebon juga menyuguhkan wisata kuliner yang tak kalah menarik, salah satunya empal gentong. Demiz mengakui Cirebon memiliki magnet untuk menarik wisatawan mancanagera. 

"Sekarang infrastruktur sudah siap, ada Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Tol Cipali, Cisumdawu, dan lainnya. Semua sudah disiapkan. Masyarakat Cirebon harus siap menerima kunjungan wisatawan," katanya. 

Demiz mengatakan harus ada perajin batik untuk menyiapkan membludaknya wisatawan yang berkunjung ke Trusmi. "Harus banyak pembatik profesionalnya, regenerasinya harus ada juga," ucapnya. 

Saat ditanya mengenai program pemberdayaan bagi perajin batik, Demiz mengatakan pihaknya telah menyiapkan modal usaha bagi para perajin batik. "Kita siapkan KCR, lebih murah dari KUR. Tapi mereka mau tidak mengurus syaratnya," tutupnya.(exe/ist)


0 Komentar