Rabu, 07 Maret 2018 11:06 WIB

Gubernur Jabar: Semua Perusahaan di Jabar Harus Miliki Tim Olahraga

Editor : Amri Syahputra

Bandung, Tigapilarnews.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menginstruksikan kepada seluruh perusahaan di Jabar agar memiliki tim olahraga dari para pekerjanya. Perusahaan harus memfasilitasi sarana olahraga yang diperuntukan bagi para pekerja. Instruksi tersebut akan diperkuat melalui surat edaran Gubernur Jabar yang rencananya dalam waktu dekat ini akan dibuat.

Demikian dikatakan Aher, usai membuka kick off Liga Pekerja Zona Jabar 2018 yang digelar di stadion Arcamanik Bandung, Senin, 05/03/2018.

"Betul saya akan buat surat edaran. Harus ada di perusahaan sarana olahraga untuk pekerja, ya minimal tenis meja lah," ujarnya.

Menurut Aher, fasilitas olahraga yang dimanfaatkan oleh para pekerja akan berdampak pada meningkatnya produksi dan meminimalisir kecelakaan kerja karena dampak sehat yang ditimbulkan. Perusahaan yang menerapkan aturan jam kerja hingga tiga shift membutuhkan pekerja yang sehat dan bugar.

"Saya ingin para pekerja berolahraga secara teratur. Bayangkan, ada tiga shift jam kerja kan di perusahaan, bisa-bisa ngantuk, bahaya kan produksi bisa berkurang dan kecelakaan kerja. Salah satu agar tidak ngantuk, segar, bugar adalah berolahraga," ucapnya.

Penentuan waktu untuk berolahraga bagi para pekerja bisa dilakukan menjelang atau setelah jam rutin kerja.

"Ini penting supaya ada kegiatan lain selain pekerjaan rutin. Olahraga bisa dilakukan menjelang atau setelah kerja," kata Aher.

Pada liga pekerja zona Jabar 2018 yang digelar dari tanggal 5 sampai 15 Maret 2018 ini, diikuti oleh 11 perusahaan. Diantaranya, Bank BJB Bandung, PT Feng Tay, PT KAI Bandung, PT Pindad Persero, SPN Kota Bandung, PT Kahatex, PT Kino, PT Chang Sin, Bank BNI Bandung, PT JNE cabang Bandung, dan PT Toyota Motor.

Nantinya pemenang atau tim terbaik dari liga pekerja zona Jabar ini akan kembali dipertandingkan mewakili Jabar di taraf nasional yaitu liga pekerja nasional yang masih akan digelar di tahun ini.

Pertandingan liga pekerja zona Jabar 2018 digelar di stadion Arcamanik dan stadion Pusdikpom Kota Cimahi. Pemenangnya akan mendapatkan tropi, medali, dan uang pembinaan.

"Saya yakin ini akan menjadi agenda tahunan karena ini gerakan se-Indonesia kan. Jadi pertama di Provinsi, lalu juara-juaranya akan dipertandingkan di level nasional.
Ini bagian dari menghidupkan kebersamaan, inovasi, kreasi, dan kesehatan," tutup Aher.

Dalam kesempatan itu Aher berkesempatan menyaksikan pertandingan eksibisi antara Bank BJB melawan tim dari Pemprov Jabar. Kedua tim masing-masing diperkuat oleh legenda Persib Bandung seperti Robby Darwis, Kekey Zakaria, Yudi Guntara dan Cecep Supriatna.


0 Komentar