Selasa, 06 Maret 2018 16:06 WIB

Saham Asia Menguat saat Trump Umumkan Rencana Tarif Impor Baja dan Aluminium

Editor : Amri Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Saham Asia kembali menguat pada hari Selasa setelah Presiden AS Donald Trump menghadapi tekanan dari sekutu politik untuk menarik diri dari kenaikan tarif baja dan aluminium yang diusulkan, mengurangi kekhawatiran investor tentang perang dagang yang akan segera terjadi.

Sentimen juga didukung oleh resesi penghindaran risiko di Eropa dengan euro memperoleh dukungan dari pembentukan pemerintah koalisi di Jerman dan dampak hasil pemilihan yang tidak meyakinkan di Italia terbatas pada aksi jual ringan obligasi domestik dan saham.

Saham Eropa diperkirakan akan menguat, dengan spreadbetters keuangan yang membuat FTSE Inggris dan Prancis tergabung naik 0,5 persen dan indeks Jerman 0,8 persen.

Indeks saham Asia Pasifik terbesar MSCI di luar Jepang naik 1,5 persen, mengakhiri lima hari berturut-turut kerugian, sementara Nikkei Jepang melonjak 1,8 persen dari level terendah lima bulan.

Saham Korea telah menghapus semua kerugian yang mereka ambil setelah pengumuman Trump meskipun negara tersebut dianggap berada di antara yang paling parah terkena dampak di kawasan dengan tarif karena ekspor bajanya yang besar ke Amerika Serikat.

S & P500 AS juga telah memulihkan semua kerugian yang timbul setelah rencana tarif Trump.

Pemimpin Partai Republik, termasuk Ketua DPR Paul Ryan dan Perwakilan Kevin Brady, mendapat tekanan pada rencana Trump untuk memikirkan kembali rencana tersebut pada hari Senin.

"Mengingat oposisi dari anggota parlemen Republik dan mitra dagang, ada spekulasi bahwa Trump mungkin tidak dapat memaksakannya melalui rencana tersebut," kata Soichiro Monji, kepala strategi Daiwa SB Investments.

Beberapa investor juga melihat ancaman tarif sebagai taktik negosiasi AS untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik mengenai NAFTA.

Namun, ketidakpastian tetap dengan kebingungan tentang waktu dan tingkat tarif yang direncanakan di dalam Gedung Putih. Trump mengatakan pada hari Senin bahwa dia tidak akan mundur.

Trump diperkirakan akan menyelesaikan rencana tarif akhir pekan ini, meski beberapa pengamat yang akrab dengan proses tersebut mengatakan hal itu bisa terjadi minggu depan.


0 Komentar